Kampung KB Benteng Dan Tanah Putih Akan Di Siapkan Jadi Kampung KB Percontohan

AMBON,N25NEWS.COM – Penetapan Kampung KB Air Salak,Desa Waiheru sebagai Kampung KB percontohan di Maluku,memacu Kampung KB yang lain terus mengembangkan Kampung KBnya.

Hal ini di akui Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Ambon Welly Patty pada N25NEWS.COM saat di wawancarai belum lama ini.

Di katakannya selain Air Salak,pengembangan Kampung KB yang bagus seperti Kampung KB di Kudamati,Benteng dan Tanah Putih ysng punya potensi di tetapkan sebagai percontohan Kampung KB dan hal ini sudah di lakukan persiapan untuk menuju ke sana.

“Kalau Kampung mana,yang punya potensi menjadi percontohan lagi,Kami belum bisa menyampaikan itu karena nanti menyesuaian dulu dengan data yang dipunyai oleh masing-masing Kampung KB,Karena banyak sih yang bagus. ketika pencanangan dan pembentukan banyak yang menunjukan kemajuan yang signifikan di semua Kampung KB.karena intervensi program dari semua stekholder yang ada disana berjalan dengan baik,”tambah Patty.

Iapun mencontohkan Kampung KB yang mengalami kemajuan yang sangat signifikan seperti Kampung KB Benteng atau juga Kampung KB di Tanah Putih, itu akan dilihat mana yang nilainya lebih bagus di usulkan menjadi percontohan.

Ketika di singgung tentang standart suatu daerah di tetapkan sebagai Kampung KB,Kadis DPPKB Kota Ambon itu mengatakan yang pertama di lihat dulu tadi-tadinya itu tidak ada kepedulian dari masyarakat,sekarang ada kepedulian atau tidak,kemudian kelompok-kelompok yang dibentuk tadi-tadinya itu belum bentuk,sekarang ada atau tidak.Kelompok keluarga balita,remaja,lansia,PPKS dan kemudian kelompok-kelompok KB itu sudah ada atau belum.

Baca juga :   BPJS Kesehatan Bacarita Perpres 75 Tahun 2019 Bersama Media

“Selain itu,Ibu-ibu bagaimana mereka menggerakan keluarganya, bagaimana peningkatan usaha-usaha mereka.Kemudian penggunaan alat kontrasepsinya masih rendah kita lihat lagi apakah sudah ada peningkatan alat kontrasepsi disana atau tidak dan dukungan Lurah,Kepala Desa/Raja,”kata Patty.

Diapun menilai,Kalau untuk sekarang pengembangan Kampung KB berjalan dengan baik karena setiap stekholder bergandengan tangan lakukan intervensi ke setiap Kampung KB apalagi ada warning dari Walikota Ambon,sehingga sasaran intervensi program itu,ada di Kampung KB.

“Jadi semua teman-teman di OPD sudah banyak intervensi ke Kampung KB seperti Capil,Dinas Kesehatan,Pertanian,untuk Koperasi sendiri, telah dibentuk koperasi di masing-masing Kampung KB, dan sudah ada sosialisasi KIA (Kartu Identitas Anak) kemudian masyarakat dimintakan buat KTP dan akte kelahiran,semua itu telah berjalan di semua Kampung KB,”tandas Kadis DPPKB Kota Ambon.

Iapun berharap dengan adanya intervensi dan kepedulian dari setiap stekholkder terkait dan peran dari Lurah,Kepala Desa/Raja,maka secara perlahan dapat meningkatkan kesejahtraan masyarakat kota Ambon.

Editor :Redaksi

Check Also

BKKBN Maluku Laksanakan Kegiatan Desiminasi Kebijakan Pengendalian  Penduduk Dan Pencanangan Rumah Data Kependudukan Di Kota Tual

TUAL,N25NEWS.com – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Provinsi Maluku melaksanakan Kegiatan Desiminasi Kebijakan Pengendalian …

×

N25NEWS.com