Breaking News

Kampung KB RW 08 Negeri Passo Mulai Di Berdayakan

AMBON,25NEWS.COM – Kampung KB yang berada di Negeri Passo tepatnya di RW 08,dari pencanangannya 13 April 2018 lalu,baru di bulan Februari 2019 ini mulai di berdayakan,hal ini di tandai dengan pembentukan format kepengurusan oleh Pemerintah Negeri Passo.

Hal ini di sampaikan Koordinator Kampung KB Kecamatan Baguala Kace Pelamonia pada N25NEWS.COM saat di temui di Balai Penyuluhan KB Kecamatan Baguala Terminal Transit Passo senin (04/02/2019).

Menurutnya pembentukan Kampung KB di Negeri Passo Kecamatan Baguala Kota Ambon ini telah melalui kajian dari data-data penduduk yang ada dan jatah dari Pemerintah Pusat untuk setingkat kota sehingga di tetapkan RW 08 sebagai Kampung KB di Negeri Passo.

“Terkait kriterianya,itu ditentukan dari pusat,kami hanya mengajukan daerah-daerah mana yang mau di tetapkan sebagai Kampung KB dan ternyata di tunjuk RW 08 yang di dalamnya ada 3 RT yaitu RT 36,37 dan RT 38,”kata Pelamonia.

Menurut Pelamonia,RW 08 yang di huni 297 KK ini,Ada hal lain yang di temukan di sana yaitu sebelum pihaknya membentuk kelompok-kelompok kerja (pokja) sebenarnya sudah terbentuk kelompok-kelompok Bina Keluarga Berencana (BKB),Bina Keluarga Remaja (BKR),Bina Keluarga Lansia (BKL) namun belum terorganisir dengan baik, sehingga perlu di tata kembali lewat Kampung KB,”ungkap Pelamonia.

Selain itu,Ia juga mengakui dalam perjalanan komunikasi yang di bangun dengan Pemerintah Negeri Passo sedikit terhambat karena Raja Negeri Passo susah di temui,sehingga selama hampir 1 tahun ini pemberdayaan Kampung KB di RW 08 tidak berjalan.

Namun baru di bulan Februari tahun 2019 ini pihaknya kembali berkoordinasi dengan pejabat Negeri Passo,yang awal kerjanya dengan menyusun kepengurusan Kampung KB di RW 08.
“Untuk itu kedepan nanti yang harus di benahi di RW 08 itu adalah perbaikan sarana prasarana seperti jalan setapak yang ada di lorong-lorong ,sehingga musim penghujan tidak ada lagi genangan air yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan termasuk juga rumah-rumah penduduk yang masih terlihat kumuh,”jelas Pelamonia.

Iapun berharap adanya peran aktif dari SKPD-SKPD terkait untuk mengarahkan program-programnya masuk ke RW 08 selain itu untuk Pemerintah Negeri Passo agar dapat mengakomodir kebutuhan pengembangan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat RW 08 dalam Dana Desa.

“Kami juga akan mendorong masyarakat untuk gabung dalam wadah-wadah seperti koperasi yang akan di bentuk dalam rangkah peningkatan ekonomi mereka,”tandasnya.

Sehingga masyarakat RW 08 yang terdiri dari 59 Kepala Keluarga di RT 36,167 Kepala Keluarga RT 37 dan 78 Kepala Keluarga di RT 38 dapat keluar dari kemiskinan dan dapat hidup layak sama seperti keberhasilan Kampung KB di tempat lain.

Penulis : Aris Wuarbanaran
Editor : Redaksi

About admin

Check Also

69 Siswa SDN 96 Ambon Resmi Jalani Proses Pembelajaran

AMBON,N25NEWS.COM – Sebanyak 69 siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 96 Ambon, telah resmi mendapatkan proses …