Home / Kab. MTB / Kapal Pesiar Silver Discovery Mengunjungi Kota Saumlaki

Kapal Pesiar Silver Discovery Mengunjungi Kota Saumlaki

SAUMLAKI,N25NEWS.COM – Sejumlah turis manca negara dengan menumpangi kapal pesiar  Silver Discovery tiba di pelabuhan laut Saumlaki, Jumat 27 Juli 2018, pukul 09:00 wit. Mereka berlayar dari pelabuhan Australia Barat, kapal tersebut memuat 120 orang turis dan 70 orang ABK.

Kapal pesiar tersebut hanya singgah sementara di kota Saumlaki kurang lebih 8 jam setelah itu akan melanjutkan pelayaran ke Darwin Australia.

Kunjungan kapal pesiar ini Secara mendadak dan bukan suatu kunjungan resmi, sehingga persiapan yang dilakukan Pemda MTB dalam hal ini Dinas Pariwisata biasa biasa saja.

Hal ini terungkap setelah salah satu pemerhati Pariwisata George Kdise yang di konfirmasi awak media mengatakan, dirinya tidak tahu terkait kunjungan kapal pesiar tersebut yang datang ke Saumlaki.

Dia hanya mengetahui informasi kedatangan dari beberapa teman saja. Dijelaskan Kdise, biasanya informasi kedatangan wisatawan manca negara itu melalui salah satu biro perjalanan wisata yaitu Remote Destination Tours, namun kali ini informasi kedatangan wisatawan ini tidak di informasikan dengan jelas.

George Kdise menuturkan, sebelumnya kapal pesiar yang sama pernah mengunjungi Saumlaki sekitar tahun 2017 di tetapi desa Sangliat Dol,v waktu itu kapal pesiar ini masih menggunakan nama ClipperOdyssey.

Upacara adat penyambutan dari tua tua adat desa Olilit Raya, dan tarian yang dipersembahkan sanggar tari binaan Dinas Pariwisata Kabupaten Maluku Tenggara Barat, yang berlangsung didepan ruang tunggu pelabuhan laut Saumlaki.

Upacara adat yang dlakukan tua tua adat desa Olilit yaitu salasmer, pemberian tanda yaitu berupa tanah pada jidat supaya mereka dikenal dan diterima oleh para leluhur, di wakili oleh tiga orang turis mancanegara, salah satu diantaranya Miss May yang sudah berumur 95 tahun, namun masih mampu untuk melakukan pelayaran dengan kapal pesiar.

Setelah melakukan upacara adat penyambutan, para wisatawan manca negara itu diajak untuk foto bersama dan melihat hasil kerajinan seni ukir dan kain tenun di dalam ruang tunggu pelabuhan laut saumlaki.

Oleh : IMAN

About admin

Check Also

Pemda MTB Gelar YACHT RACE Darwin – Saumlaki 2018

SAUMLAKI,N25NEWS.COM-Lomba Yacht Race yang diselenggarakanPemda MTB merupakan agenda tahunan, sebagai bentuk kerjasama antara Pemerintah Daerah …