Breaking News

Kapolda Maluku Apresiasi Polres SBB Tutup Tambang Sinabar

Kapolda Maluku Apresiasi Polres SBB Tutup Tambang Sinabar
PIRU,N25NEWS.COM –  Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa MM mengapresiasi kinerja Polres SBB dalam menuntaskan penambangan Batu Sinabar di Gunung Tembaga(Luhu), SBB, hal tersebut tercetus saat diwawancarai oleh sejumlah awak media saat kunjungannya ke Mapolres SBB Kamis, (24/1/2019).

Seperti diketahui, Penutupan Tambang Batu Sinabar itu telah berhasil dilakukan oleh Polres SBB, mulai November hingga Desember 2018 lalu dan kondisi ini akan terus dipertahankan.

“apresiasi diberikan terus, supaya tetap semangat dan tidak kendor. Kita kasi gas poll terus untuk menjaga penegakan hukumnya, juga menjaga kelestarian lingkungannya”ungkap Lumowa.

Menurut Lumowa, Sinabar sebagai biangnya Merkuri tidak boleh beroperasi lagi ( diproduksi) karena bisa berdampak pada pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup.

Bahkan, mantan Kapolda Papua Barat ini juga sudah berencana untuk meninjau langsung areal bekas pertambangan Batu Sinabar yang berlokasi di Gunung Tembaga tersebut, seperti yang dilakukannya pada saat meninjau gunung Botak di Pulau Buru beberapa waktu lalu.

“Sebenarnya Beta mau naik siang ini, tetapi lain kali jua, nanti ada waktu khusus seperti di Gunung Botak (Pulau Buru)” imbuhnya.

Sementara untuk persiapan pengamanan hajatan demokrasi, yakni Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legilatif (Pileg) 2019, pria yang memiliki dua Putra ini menyatakan, Pihak Polda dan Polres telah siap siaga dalam mengawal proses ini.

“Kita siap mengamankan pesta Demokrasi, 17 April 2019 dibantu masyarakat dan KPU, Kita akan amankan distribusi logistik Pemilu, semoga semuanya berjalan lancar.” terang Lumowa.

Kapolda menyatakan, untuk Wilayah Kabupaten SBB ada 615 TPS yang tersebar di seluruh penjuru Kabupaten yang siap melayani aspirasi politik masyarakat SBB, “bagi yang sudah terdaftar di DPT datang lah beramai-ramai untuk meyalurkan hak pilihnya.”himbaunya.

Persoalan Pemukulan seorang warga Hualoy oleh masyarakat Latu, juga mendapat perhatian Lumowa,” Kita sedang mencari-cari pelakunya dan harus ditangkap, percuma ada polisi kalau tidak bisa tangkap Pelakunya tetapi memang butuh waktu ya.”Tegas Lumowa.

Menurut Pria yang sudah bertugas di sejumlah daerah di tanah air ini, Polda Maluku telah membantu Polres P Ambon Pp Lease untuk mengejar pelaku pemukulan, ada beberapa yang sudah ditandai dan tinggal ditangkap, ” biar Masyarakat di sini juga bisa tenang dan korban merasa terlayani dari sisi penegakan hukum, ya harus mampu untuk menangkap para pelakunya” cetusnya.

Penulis   : Niko Kastanja

Editor     : Redaksi

About admin

Check Also

Gelar Konsultasi Renstra , Staf Ahli LPPM Paparkan Kondisi Riil & Peluang Buano

PIRU,N25NEWS.COM – Dalam rangka merevitalisasi kearifan lokal untuk pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) berkelanjutan di …