Home / Kesehatan / Karantina Pertanian Ambon Musnakan Daging Anjing Dan Bibit Jeruk Ilegal

Karantina Pertanian Ambon Musnakan Daging Anjing Dan Bibit Jeruk Ilegal

AMBON, N25NEWS.COM – Karantina Pertanian Ambon,memusnakan 500 kg daging anjing dan 5 bibit jeruk illegal di halaman kantor Karantina kls I Ambon senin (02/07/18).

Kepala Balai Karantina Pertanian kelas I Ambon,  Jurmin menyebutkan Daging anjing beku illegal yang di amankan itu, diangkut dengan kapal KM.Ngapulu dari Makasar sebanyak 500kg yang tiba di Pelabuhan laut Yos Sudarso (Ambon) yang dikemas menggunakan steryfoam sebanyak 2 box.sementara Lima batang bibit jeruk yang akan dikirim ke MOA, Kab.MBD melalui pesawat Trigana Air (via Pos Indonesia) langsung diamankan oleh AVSEC Bandara Pattimura.

” Sehingga dengan UU no 16 tahun 1992 tentang karantina hewan, ikan dan tumbuhan serta Peraturan Pemerintah No.82 tahun 2000 tentang karantina hewan,maka hal menjadi dasar yang kuat untuk hari ini (02/07) kami melakukan proses pemusnahan,”ujar Jumrin.

Selain itu ungkap Jumrin bahwa dalam standart kesejahtraan hewan (OIE) di sebutkan  ada lima kebebasan hewan yaitu (1)kebebasan dari kelaparan,kekurangan gizi,dan kehausan;(2) kebebasan dari ketakutan dan kesusahan;(3) kebebasan dari ketidaknyamanan fisik dan suhu;(4)kebebasan dari rasa sakit,cedera dan penyakit;serta (5) kebebasan untuk mengekspresikan pola perilaku yang normal.

“Jadi dengan menyiksa dan memakan daging anjing,manusia melanggar kesepakatan global atas kesejahtraan hewan tersebut,apalagi Indonesia telah mengadopsi prinsip kesejahtraan hewan dalam undang-undang nomor 41 tahun 2014 tentang perubahan  atas undang-undang nomorb 18 tahun 2008 tentang peternakan dan kesehatan hewan,”tambah Kepala Karantina Pertanian Ambon pada awak media.

Maka atas dasar tersebut,kata Kepala Karantina Pertanian Ambon Jumrin sehingga Karantina Pertanian Ambon (02/07)melakukan pemusnaan terhadap media pembawa daging anjing dan bibit jeruk dengan jalan di bakar kemudian di timbun.

 

About admin

Check Also

Aplikasi JKN-KIS Lancarkan Perjalanan Mudik

AMBON,N25NEWS.COM – Untuk memastikan kelencaran peserta JKN-KIS dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan selama perjalanan …