Kasi Bimas Kristen dan Operator Ikuti Bimtek SIMBAK

AMBON,N25NEWS.COM – Untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan Kepala Seksi (Kasi) bimbingan masyarakat Kristen dan tenaga operator lingkup Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) mengikuti pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek) berbasis aplikasi Sistem Informasi Bimas Kristen (SIMBAK).

Bimtek diikuti Kasi Bimas Kristen dan tenaga operator pada 11 Kemenag kabupaten/kota, ini dibuka Kabis Bimas Kristen Nensij Latuheru. S.Sos, M.Si mewakili Kakanwil Kemenag Maluku di Hotel Golden Place, Jumat kemarin.

Tujuannya agar operator atau pengelola data dapat mengakses dan menginput data yang diperoleh semakin akurat, valid, akuntabel dan objektif serta ter-update.

Mewakili Kakanwil Latuheru mengatakan, dalam dunia kerja saat ini sistem informasi digital sangat mutlak diperlukan sebagai pendukung pemprosesan data dan informasi yang valid serta ter-update.

“Pengelolaan data yang baik akan meningkatkan kualitas dan kinerja instansi guna mencapai target yang diharapkan, untuk itu diperlukan adanya bimtek ini sehingga penginputan dan pemantauan data bisa dilakukan kapan dan dimana saja,” kata Kakanwil

Kegiatan ini menurut Kakanwil penting dilakukan karena sejalan dengan dengan salah satu mantra Menteri Agama RI dalam menata pelayanan bagi umat beragama adalah integrasi data dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan Kementerian Agama kepada umat.

Baca juga :   Dilantik Kakanwil Kemenag, Ini Pesan Widya Kepada MT Muslimah Mualaf Center

“Artinya data-data yang diberikan harus valid jangan di copy paste dari tahun-tahun sebelumnya. Data diharapkan sesuai dengan fakta,” kata Kakanwil

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi harus dapat kita memanfaatkan untuk berbenah dengan memberikan pelayanan data yang cepat dan terpercaya. Ini berarti data yang diinput harus akuntabel, akurat, lengkap dab terpadu.

“Kuncinya perencanaan dan pelayanan kita akan sukses jika semua data terintegrasi dengan baik dalam layanan sistem informasi bimas kristen ini, diharapkan dapat membantu dapat membantu menyelesaikan berbagai masalah mengenai permintaan data,” ujar Kakanwil

Menurut Kakanwil, dilihat dari rentang kendali kepulauan Maluku sangatlah mempengaruhi ketepatan, kecepatan perolehan data lembaga maupun pendidikan Kristen. Oleh sebab itu kami merasa sangat penting membutuhkan sebuah sistem aplikasi yang dapat menjawab kebutuhan dan pelayanan yang lebih baik terhadap umat dan masyarakat di Maluku sehingga SIMBAK tersebut menjadi sebuah inovasi dalam menjawab hal dimaksud.

“Untuk itu diharapkan kepada peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dalam rangka peningkatan kualitas sistem informasi di kemenag Maluku terutama dalam menginput data yang benar-benar ter-update,” harap Kakanwil.

Reporter : Gali M

Editor : Redaksi

Check Also

Ini Pesan Gubernur Saat Pentabisan Gedung Gereja Elim,Hunuth Durian Patah 

AMBON,N25NEWS.com-Gedung Gereja Elim Jemaat GPM Hunuth Durian Patah.Klasis Pulau Ambon Utara,Minggu 20/12/2020).ditabiskan dan diresmikan. Prosesi …