Sekda Maluku Kasrul Selang

Ke 14 Warga Bekasi Dikarantina di Balai Diklat,Sekda Jangan Ada Stigmatisasi

AMBON,N25NEWS.com-Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku,Kasrul Selang mengatakan, ke 14 orang warga asal Bekasi Jawa Barat yang diketahui merupakan para pekerja salah satu proyek di hotel Santika,saat ini dalam keadaan baik dan tidak ada yang terinfeksi Covid-19.

“Kami terus berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan provinsi Maluku,terkait perkembangan kesehatan ke 14 warga Bekasi tersebut.Dari hasil kunjungan kami ke Balai Diklat Wailela Rumah Tiga Ambon, ke 14 orang itu tidak ada yang terinfeksi menderita corona virus,”Ungkap Sekda kepada awak media di Kantor Gubernur Maluku,kamis (26/3).

Dijelaskannya,ke 14 warga Bekasi tersebut sangat membutuhakan pendampingan dari Pemda.Selain itu,warga kota Ambon diminta agar tidak perlu panik yang berlebihan,sebab penyebaran virus Covid-19 ini hanya melalui sentuhan.Dan kata Sekda pihaknya juga akan meminta aspirasi dari mereka.

Baca juga :   Dua Warga Saparua Berdasarkan Rapid Test Positif Covid-19

“Kita sudah koordinasikan tadi.Tidak boleh ada stigmatisasi terhadap mereka yang dikarantina. Orang-orang yang dikarantina itu belum tentu terkontaminasi.Mereka selama di sana, diobservasi dan dipantau.Kita juga sudah mengirim sampel mereka ke Jakarta,jadi sambil menunggu hasil uji lab,kita masih menetapkan mereka sebagai ODP,”jelas Sekda.

Adapun,sejauh ini Pemprov terus memantau perkembangan sekaligus meminta kesedian fasilitas kesehatan seperti rumah sakit yang tersebar di 11 kabupaten/kota di Maluku  untuk selalu bersiaga. Pemprov Maluku juga telah menyiapkan pendanaan pengendalian penyebaran Covid-19.

“Kita sudah siapkan anggaran, tergantung permintaan.Dari hasil rapat koordinasi memastikan hingga kini provinsi Maluku belum masuk zona merah dari penyebaran virus corona.”Jadi intinya masyarakat jaga kesehatan saja  dan selalu mematuhi anjuran dari pemerintah,”tandas Sekda.

Reporter          : Aris Wuarbanaran

Editor              : Redaksi

 

Check Also

Gugus Tugas Covid-19,Bersama OKP Bahas Isolasi Desa

AMBON,N25NEWS.com-Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Provinsi Maluku,menggelar pertemuan bersama dengan sejumlah Organisasi …