Home / Maluku / Kebersamaan Tergambar Pada Hidup Bersaudara di Maluku

Kebersamaan Tergambar Pada Hidup Bersaudara di Maluku

AMBON,N25NEWS.COM-Indahnya pemandangan serta paras dan suara nyong dan nona ambon berpadu dalam indahnya kebersamaan,sebagaimana yang tergambar pada begitu indah dan manisnya persaudaraan sejati hidup orang basudara dewasa ini.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Maluku Said Assagaff pada Seminar Nasional Dari Maluku Untuk Indonesia,Kita Rawat NKRI Yang Damai Dan Berkeadilan Melalui Budaya Menyanyi,di Gedung Islamic Center,rabu (31/10/2018).

Lebih lanjut Assagaff mengatakan,”melalui bernyanyi anak-anak Gereja Katolik berlomba tapi rasa pesta yang saya maksudkan adalah kita tidak bisa berlomba dalam arti persaingan,kompetisi dan mencari yang terbaik namun kita berlomba dalam nuansa pesta yang juga melahirkan Bonum (Kebaikan),”kata Assagaff.

Maluku rumah belajar hidop orang basudara dalam keragaman agama,budaya dan politik sangat relevan dengan upaya kami yang selama ini untuk mengembangkan Maluku sebagai laboratorium kerukunan dan perdamaian antar suku dan agama terbaik di Indonesia.

“Kita di Maluku pernah mengalami konflik social,antar umat Islam dan umat Kristen,yang dikenal sebagai salah satu konflik sipil terbesar di abad ini,kita memiliki sukses stori yang luar biasa dalam melakukan proses rekonsiliasi dan pembangunan perdamaian,bahkan Maluku miliki indeks kerukunan antar umat beragama terbaik di Indonesia,”jelas Assagaff.

Pemerintah dan seluruh komponen masyarakat akan terus berjuang untuk menjadikan daerah ini sebagai daerah yang paling rukun dan damai di Indonesia bahkan dunia.Karena itu kami menyadari kekerasan yang mengatasnamakan agama merupakan suatu kejahatan terburuk yang telah menghancurkan peradaban manusia.

Untuk itu semua agama di Maluku harus menjadi agen perdamaian,”kita harus selalu punya kesadaran untuk belajar saling memahami,belajar saling mempercayai,belajar saling menghargai,belajar saling mengembangkan dan belajar saling menghidupi,sebagaimana ungkapan leleuhur orang Maluku,potong kuku rasa did aging,ale rasa beta rasa,sagu salempeng dibage dua,”tandas Assagaff.

Oleh : Aris Wuarnbanaran

About admin

Check Also

Sadli Lie : Penanaman Pohon Untuk Mencegah Metigasi dan Perubahan Iklim

AMBON,N25NWS.COM-Peliara pohon ini adalah salah satu tindakan yang diprakarsai oleh tim penggerak PKK Provinsi Maluku …