Home / Kab Malteng / Kelurahan Namasina Malteng Canangkan Kampung KB
Lurah Namasina Kecamatan Kota Masohi Kab Malteng Semy Birahi (tengah)

Kelurahan Namasina Malteng Canangkan Kampung KB

MALTENG,N25NEWS.COM – Sejak dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 14 Januari 2016, Kampung KB terus tumbuh pesat. Semangat membentuk dan mendirikan Kampung KB di seluruh Nusantara terus bertambah,seperti di Kelurahan Namasina Kecamatan Kota Masohi Kabupaten Maluku Tengah sabtu (13/10/2018) lalu berhasil mencanangkan Kampung KB di daerahnya .

Kepada N25NEWS.COM lewat live di Radio N25 FM Ambon Lurah Namasina Semy Birahi menegaskan bahwa partisipasi masyarakat terutama pasangan usia subur dan pasangan pra nikah di kelurahan Namasina itu sangat rendah,seringkali menghindari mengikuti program keluarga berencana,sehingga dengan adanya  Kampung KB merupakan salah satu “senjata pamungkas” baru pemerintah dalam mengatasi masalah kependudukan di daerahnya.

Selain itu sambung Birahi,dengan Kehadiran Kampung KB dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

“Sehingga dengan adanya Kampung KB,pendekatan kita lebih terarah apalagi di Kelurahan Namasina ada 5 pos yandu,kader-kader Pos Yandu di manfaatkan melayani dan memberikan sosialisasi dalam berKB kepada  masyarakat,berKB bukan berarti Pemerintah membatasi orang melahirkan anak tetapi Pemerintah menjaga jarak kelahiran anak,Pemerintah menjaga supaya setiap keluarga yang melahirkan anak itu dia bertanggungjawab anak itu sampai dia dewasa,”tandas Semy Birahi.

Lanjut Lurah Namasina ini,Pemerintah menjaga jarak kelahiran anak Artinya bahwa jarak antara anak yang pertama dan anak yang ke dua itu penting karena ini terkait dengan kesehatan anak itu sendiri dalam pertumbuhannya namun juga terkait dengan kesehatan ibu dan keluarga termasuk di dalamnya keluarga sejahterah.

Untuk Kampung KB di Kelurahannya itu kata Lurah Namasina bahwa kemarin itu (13/10) baru bersifat pencanangan,jadi di kampung KB ini bukan berarti seolah-olah keluarga berencana melulu tapi di sana akan di barengi dengan  keterlibatan OPD tingkat kabupaten,kecamatan,kelurahan dan desa tapi semua itu akan di satukan dalam program perencanaan pembangunan tingkat  desa/kelurahan,kecamatan sampai Kabupaten.

“Dari tingkat Kabupaten itulah OPD terkait dengan Keluarga Berencana akan mengusulkan ke BKKBN Provinsi Maluku,”tambah Lurah Namasina.

Selain itu ungkap Lurah Namasina,bahwa Kebutuhan terkait dengan Kampung KB akan terpenuhi apabila ada peran serta dari OPD terkait sehingga penacanangan Kemarin bukan merupakan slogan saja, jadi pihaknya berharap untuk  seluruh OPD Kabupaten,Kecamatan harus membuka mata,membuka tangan melihat kepentingan masyarakat bahwa program Kampung KB bukan program Bupati dan Wakil Bupati Maluku Tengah tapi program Nasional Nawacita Presiden Republik Indonesia,karena itu sangat di harapkan keterlibatkan semua sektor.

“Jadi ini masih di tingkat  pencanangan sehingga untuk proses ke depan akan masuk dalam perencanaan tingkat kelurahan dan Kecamatan sehingga seluruh program itu akan di singkronkan baik di tingkat kecamatan maaupun Kabupaten.supaya perencanaan kita itu singkron dengan OPD di kabupaten,”pungkasnya.

 

About admin

Check Also

Penambahan Tenaga Kesehatan di Daerah Perbatasan Telah Terpenuhi Oleh Kementerian Kesehatan

AMBON,N25NEWS.COM-Penambahan tenaga kesehatan di daerah perbatasan dengan program Tenaga Nusantara Sehat (TNS) sekarang sudah terpenuhi …