Home / Pemerintahan / Kembangkan Komoditi Unggulan, Pemda Malteng Kunjungi Tabanan Bali

Kembangkan Komoditi Unggulan, Pemda Malteng Kunjungi Tabanan Bali

MALTENG,N25NEWS.COM – Guna mengembangkan sejumlah komoditi unggulan didaerah Pemerintah Daerah (Pemda) Maluku Tengah kini telah mengunjungi Kabupaten Tabanan, Pulau Dewata Bali, Rabu (25/07/18).

“Saat ini kunjungan Lapangan ke Tabanan, Bali dilakukan dengan maksud untuk belajar terkait kegiatan pengembangan kawasan yg dilakukan di Kabupaten Tabanan dengan komoditi unggulan “Nikosake” Nila Kopi, salam dan Kelapa,” Ucap RIF Senior Kabupaten Maluku Tengah bidang Pengembangan Kawasan Perdesaan Kabupaten Maluku Tengah, Ismail Sangadji saat dikonfirmasi N25NEWS.COM, (25/07) via seluler.

Sedang untuk Kawasan Pariwisata di Maluku, Pulau 7 di kenal dengan nama Kawasan ” PALAGA” Pasanea_Labuan_Gale Gale, Paa dan Karlutukara, dengan komoditi unggulan nya Pariwisata Pulau Tujuh, Perikanan, dan Kelapa.

Diakunya, Dengan memanfaatkan SDM pada lima negeri di kawasan PALAGA yang di suport melalui kerjasama Kemitraan Projek Responsive Inovation Fund/RIF/NSLIC/ Tahap I, kerjasama Pemerintah Kanada vs Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah melalui Kementerian Bappenas, dalam periode bulan April 2018 sd April 2019, tujuan utamanya menyiapkan Masyarakat pada lima Negeri untuk mengidentifikasi potensi SDM yang tersedia.

“Kemudian terkait Penguatan Kapasitasnya, program kerjasama ini diberikan agar masyarakat dapat mengelola SDM dengan baik, terutama SDM Kaum perempuan untuk mengolah sesuatu menjadi produk nilai tambah dan menjamin pasarnya melalui BumNeg atau BumNeg Bersama sehingga dapat menyelesaikan permasalahan dari hulu ke hilir sehingga dapat menambah Pendapatan ekonomi kehidupan masyarakatnya,” tandasnya.

Untuk itu bantuan kerjasama ini ditujukan guna mengelola agar SDM menjadi produkrif dan mendukung keunggulan komparatif Daerah sehingga menjadi unggulan kompetitif, menuju Kemandirian Desa.

“Bantuan RIF merupakan bentuk kemitraan Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Kanada melalui National Suport for Local Investment Climates (NSLIC), atau National Support for Enhanching Local and Regional Economic Development (NSLErED yg diimplementasikan oleh Cowater Sogema),” tutupnya. (Amy Latuny)

About admin

Check Also

Gubernur Beri Apreasiasi Kisar Bakudapa

AMBON,N25NEWS.COM  – Gubernur Maluku, Said Assagaff memberikan apreasiasi terhadap pelaksanaan Kisar Bakudapa dan pagelaran seni …