Breaking News

Kemenag Agendakan Pemulangan Jemaah Haji

AMBON,N25NEWS.COM – Setelah kurang lebih satu bulan melaksanakan rukun Islam ke lima (pergi haji) Kanwil Kementerian Agaman (Kemenag) lewat pantia penyelenggara haji provinsi Maluku tahun 2019 mengagendakan jadwal pemulangan jemaah haji.

Terhadap penjemputan dan penyerahan jemaah haji, warga khususnya pihak keluarga diarahkan menuju asrma haji Waiheru.

Dalam pertemuan panitia persiapan pemulangan jemaah haji yang berlangsung, Rabu(21/8) dipimpim langsung Kabag TU sekaligus Plt Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Maluku Jamaludin Bugis S.Ag memaparkan, penjemputan dan penyerhan rombongan jemaah haji 2019 yang tergabung dalam kloter 12, 13 dan 14 yang berjumlah 1.272 jemaah akan dipusatkan di asrama haji Waiheru.

“Tahun ini, penjemputan dan penyerahan jemaah haji, tidak lagi dipusatkan di pelataran Masjid Raya Alfatah Ambon, tapi semuanya dipusatkan di asrama haji Waiheru, sehingga pihak keluarga yang menjemput disarankan ke lokasi asrama,”tandas Bugis.

Gubernur Maluku Murad Ismal juga direncanakan akan menghadiri penjemput dan pelepasan kedatangan rombongan haji Maluku.

Menurutnya, pemindahan lokasi penjemputan dan penyarahan ke asrama haji lantaran sudah representative sebagai pusat pelayanan jemaah haji provinsi Maluku, untuk seterusnya.
Khusus untuk penjemputan jemaah haji nantinya akan dipusatkan di Bandara Internasional Pattimura melalui pintu VIP melalui acara serimonial yang renacana akan dihadiri oleh Gubernur Maluku bersama dengan Forum Komunikasi Rakyat Indonesia (Forkorindo) .

“Insyah Allah tahun ini dan seterusnya kita akan laksanakan seperti ini dan hari ini juga kita akan layangkan surat kesediaan Gubernur hadiri acara penjemputan/penerimaan jemaah haji Provinsi Maluku tahun 2019,”ujarnya.
Disinggung soal kondiri jemaah haji selama menjalankan ibadah haji kata Bugis, dari informasi yang diterima terdapat dua jemaah Maluku yang meninggal dan sudah dimakamkan oleh pihak Pemerintah Arab.

Baca juga :   Bimas Islam Kemenag Laksanakan Penyusunan Anggaran 2020

Ditempat yang sama juga disampakan Ketua coordinator lapangan La fatah S.Ag bahwa, sesuai dengan hasil rapat panitia,lokasi penjemputan dan penyerahan jemaah haji dipusatkan di asrama hajai Waiheru,

”Kita sudah punya asrama haji yang representative, maka seluruh jemaah haji Maluku yang datang atau pulang, dikonsentrasikan di lokasi asrama, sekaligus dilanjutkan dengan acara pelepasan jemaah,”ungkapnya.

Dari daftar kedatangan jemaah haji asal Maluku, jemaah haji Maluku yang tergabung dalam kloter 12 asal Kabupaten Maluku tengah (Malteng), Buru dan Buru Selatan (Bursel), termasuk TPHD, TPHI dan TKHI akan tiba di Bandara Hasanudin Makasar pada tanggal 26 Agustus dan akan diterbangkan ke Ambon pada tanggal 27 Agustus dengan menggunakan penerbangan Lion Air.

Sementara kloter 13 asal Kota Ambon, Maluku Barat daya (MBD), Seram Bagian Barat (SBB), Seram Bagian Timur (SBT), termasuk TPHD, TPHI dan TKHI akan tiba di Ambon pada tanggal 28 Agustus dengan menggunakan penerbangan yang sama.

Reporter :Gali M

Editor :Redaksi

About admin

Check Also

Kemenag Maluku Gelar Bimtek Simponi

AMBON,N25NEWS.com –  Kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Maluku melalui Bidang Bimais Islam melaksanakan Bimtek …