Kemenag Akan Terapkan Pra Embarkasi Dimusim Haji 2019

AMBON,N25NEWS.COM -Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku Hi Yamin S.Ag menegaskan, dalam pelayanan ibadah haji tahun 1939H/2019 rencana akan menerapkan pra embarkasi.

Ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan Maluku sebagai wilayah timur Indonesia sebagai provinsi yang sudah bisa menerapkan embarkasi haji antara.

“Untuk penyelanggara haji dimusim haji 1939H/2019 Masehi, direncanakan pelaksanaanya dimulai dari pra embarkasi yang mana asrama haji sudah bisa difungsikan, dimama infrastruktur sudah pada tingkat penyediaan mubeler yang sudah bisa digunakan,”tandas Kabid PHU pada wartawan di Ambon, Selasa(18/12/2018).

Akan tetapi ada beberpa hal yang masih menjadi catatan penting pihak PHU, seperti akses jalan masuk yang saat sedang masih dikerjakan Pemda Maluku. Termasuk kuota haji yang masih mengacu pada eksitimasi data sementara yang berjumlah 1090 orang.

Bahakan saat ini juga pihak PBU sedang melakukan pendataan estimasi sementara keberangkatan dari kabupaten/kota.

“Proses yang terjadi saat ini adalah.proses lembaran msrah yang dipersiapkan untuk pelaksanaan VISA di Jakarta yang telah dijemput pihak Kementerian pusat yang akan diserahkan disana,”ujarnya.

Baca juga :   Resmi Gereja Imanuel, Gubernur : Rumah Ibadah Simbol Kehadiran Tuhan

Selain itu pihaknya juga telah mengarahkan  Kabupaten/kota untuk percepatan pembuatan pasport, termasuk verifikasi nama-nama Calon Jemaah Haji (CJH) usia lansia dan petugas haji.

Khusus petugas haji kata Kabid PHU, bahwa dalam melakukan seleksi petugas haji akan merapkan sistim rekrutmen  sesuai regulasi perubahan, sehingga yang terpilih betul-betul memilili kompoten sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Disinggung soal penerapan pra embarkasi lanjut Kabid PHU akan diberlakukan khusus untuk CJH Maluku, kecuali Kabupaten Kepulaun Aru, Maluku Tenggara (Malra), Kota Tual yang keberangkatan langsung dari masing-masing menuju Embarkasi Haji Sudiyan Makasar.

Sementara kabupaten/kota lainnya proses keberangkatan dimulai dari asrama haji Sudiyan Makasar.

“Itu biasanya H-1 sebelum berangkat ke Embarkasj haji Sudiyan Makasar, kita sudah arahkan jemaah untuk sudah harus maauk asrama haji, baik kita Ambon.maupu  kabupaten lain,”ungkap Yamin.

Penulis   : Gali M

Check Also

Pulang Kampung, Pentury Bagikan Bantuan Tali Asih ke Dua Desa di SBB

SBB,N25NEWS.com – Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen Kementerian Agama (Kemenag) RI, Thomas Pentury …

×

N25NEWS.com