Breaking News

Kemenag Ambon Bimbing dan Kembangkan KKG/MGMP PAK

AMBON,N25NEWS.COM -Upaya memberikan nilai posotif terhadap proses peningkatan penyelenggaraan pendidikan agama disekolah, dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru, terus dilakukan pemerintah seperti yang dilakukan Seksi Bimas Kristen Kementerian Agama (Kemenag) Kota Ambon lewat pembinaan dan pengembngan Kelompok Kerja Guru(KKG)/Musyawara Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Kristen (PAK).

Untuk tahun anggaran 2019 seperti yang tertuang dalam DIPA Kemenag Kota Ambon, terdapat 50 guru dan pengawas PAK lingkup Kemenag Kota dan Pemerintah Kota Ambon, mengikuti pembinaan dan pengembangan KKG/MGMP PAK.

Kegiatan yang berlangsung sehari di lantai VIII Hotel Golden Place, Jumat(28/6) dibuka Kakamenag Kota Ambon Drs Zein Firdaus Kaisupy.
Tujuannya agar guru PAK dapat mengembangkan dan mengetahui berbagai hal menyangkut evaluasi program dalam pengembangan KKG/MGMP PAK serta dapat mengelola secara mandiri.

Mengawali pembinan dan pengembangan KKG/MGMP PAK Kaisupuy dalam arahannya mengatakan, keberadaan KKG dan MGMP PAK sangatlah  penting karena dengan adanya  wadah tersebut dapat memberikan konstribusi positif bagi peningkatan PAK di Kota Ambon.
Untuk itu dirinya sangat memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini.

Dimana hal ini menunjukkan perhatian Kemenag terhadap proses pembinaan dan pengembangan KKG/MGMP dalam pengembangan pendidikan, tetapi lebih dari itu kegiatan ini memberikan nilai positif terhadap proses pengembangan dan peningkatan penyelenggaraan pendidikan agama di sekolah dan terutamanya untuk peningkatan kompetensi profesionalisme guru PAK sesuai dengan tuntunan regulasi di bidang pendidikan. Sesuai amanat undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Baca juga :   Bimas Islam Kemenag Laksanakan Penyusunan Anggaran 2020

Dimama amanat tersebut menjelaskan, guru harus membentuk organisasi profesi yang bersifat independen, dengan tujuan memajukan profesi, meningkatkan profesi, kompetensi, karier, wawasan kependidikan, perlindungan provesi, kesejahteraam dan pengabdian pada masyarakat.
Dalam amanat UU ini juga dijelaskan, guru wajib menjadi anggota KKG/MGMP yang merupakan wadah atau forum kegiatan profesional bagi para guru sekolah dan madrasah pada semua tingkatan yang ada di gugus masing-masing.

Dengan demikian hadir KKG/MGMP dapat berperan dan fungsinya dapat melakukan antara lain, menyusun program jangka panjang, menengah dan pendek serta mengatur jadwal tempat dan kegiatan secara rutin.

Selain itu dapat meningkatkan mutu profesionalisasi guru dalam pengajaran, evaluasi dan pembelajaran didalam kelas dan pengembangan program layanan supervisi akademik klinis yang berkaitan dengan pembelajaran, serta mengembangkan silabus dan melakukan Analisis Mata Pelajaran(AMP), Program Tahunan (Prota), Program Semester (Prosem), Rencana Pelajaran dan Kriteria Ketuntasan Menimal (KKM).
Oleh karena itu dirinya berharap, melalui kegiatan tersebut para peserta dapat mengikuti dengan baik sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan, baik pengembangan kapasitas lembaga tetapi juga pengembangan kapasitas guru sendiri.

Reporter :Rohim

Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Kemenag Maluku Gelar Bimtek Simponi

AMBON,N25NEWS.com –  Kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Maluku melalui Bidang Bimais Islam melaksanakan Bimtek …