Kemenag Apresiasi Pemkot Aspali Asrama Haji

AMBON, N25NEWS.com – Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi memberikan apresaisi terhadap kinerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataaan Ruang (PUPR) Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, mengerjakan pengaspalan jalan didalam asrama haji Waiheru.

Proses pengaspalan yang dilakukan Dinas PUPR Pemkot Ambon, dimulai sejak September bulan kemarin dan kini pekerjaanya sudah mencapai 80 persen, menelan anggaran mencapai Rp 1 miliar lebih.

“Saya mewakili Kakanwil mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemkot Ambon yang telah menepati janjinya untuk merealiasi pengaspalan jalan didalam asrama haji Waiheru,”ungkap Kabid PHU Kanwil Kemenag Maluku Hi Yamin S.Ag pada koran ini di Ambon, Senin(18/11).

Menurutnya, pengaspalan yang dilakukan pihak PUPR merupakan bagian dari perhatian dan kepedulian Pemkot Ambon yang secara tidak langsung mendukung pengembangan asrama haji menjadi embarkasi haji antara yang rencana tahap awal akan dimulai pada tahun 2019.

Pengaspalan tersebut juga merupakan bagian dari usulan Kemenag kepada Pemkot Ambon melalui koordinasi baik antara Kakanwil Kemenag dengan Walikota beberapa waktu bulan kemarin dan realisasinya baru dikerjakan oleh Dinas PUPR.

“Rencana juga kita akan mengusulkan lampu jalan, untuk didalam asrama haji dan bahkan dijalan diluar, sehingga siapapun tamu yang datang di asrama haji, mereka pun mampu melakukan proses perjalan didalam dan diluar dalam keadaan aman, sehingga secara tidak langsung juga mendukung Progam Pemkot terang dimalam hari,”ujarnya.

Ia juga berharap dengan dukungan dari Pemkot Ambon, asrama haji akan menjadi ikon dan kebanggaan untuk dijadikan sebagai tempat transit, para jemaah haji nanti ketika akan menjadi embarkasi haji antara dan bahkan siapun yang akan menggunakan asrama haji untuk berbagai even nasional, seperti yang sudah pernah digunakan dalam even catur nasional yang baru baru selesai dilaksanakan di bulan September 2019 kemarin.

Baca juga :   Resmi Gereja Imanuel, Gubernur : Rumah Ibadah Simbol Kehadiran Tuhan

“Siapapun nanti bisa menggunakan fasilitas asrama haji, baik even lokal maupun nasional ,sehingga secara tidak langsung mereka melihat bahwa ini merupakan kebanggaan bagi kita, sehingga perlu untuk kita menjaga dan mengembangkan asrama haji,”ucapnya.

Dijelaskan, selain Pemkot hal yang sama juga rencannya yang sama juga akan dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku pada lokasi pembongkaran jalan baru untuk akses jalan masuk dan keluar yang proses awalnya sudah dilakukan pembongkaran akses jalan baru menuju jalan utama oleh Dinas PUPR sejak tahun 2018 kemarin.

Dengan demikian diharapkan Pemerov juga dalam waktu dekat bisa melakukan hal yang sama, hal tersebut mengingat asrama haji nantinya akan dijadikan sebagai lokasi inap peserta LASQI tingkat nasional yang akan dilaksanak pada tahun 2020 depan yang rencannya akan dihadiri Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi.

“Sementara pengajuan permohonan pengaspalan jalan itu yang dibongkar Dinas PU Pemprov Maluku juga sudah diusulkan pak Kakanwil, nah kita berharap dalam waktu singkat ini, apa lagi menyongson iven LASQI tingkat nasional yang bagaimana mereka menggunakan tempat inap ada perhatian agar bagaimana jalan tersebut sudah bisa diaspal, dengan harap tamu dari provinsi lain dapat melihat keindahan didalam asrama haji,” harapnya.

Reporter : Gali M

Editor : Redaksi

Check Also

Pulang Kampung, Pentury Bagikan Bantuan Tali Asih ke Dua Desa di SBB

SBB,N25NEWS.com – Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen Kementerian Agama (Kemenag) RI, Thomas Pentury …

×

N25NEWS.com