Breaking News

Kemenag Susun Soal USBN PAK Lewat Bimtek

Bimas Kristen Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) Penyusunan Naskah Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2019 untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen

AMBON,N25NEWS.COM -Bimas Kristen Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) Penyusunan Naskah Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2019 untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen

Bimtek penyusunan soal USNN PAK yang berlangsung di lantai VIII Hotel Goldan Place, Kamis(14/2) dibuka Kabag TU Kanwil Kemenag Maluku Jamaludin Bugis.

Kegiatan yang berlangsung selalama tiga hari terhitung 14-16 April 2019 melibatkan 30 peserta jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA/SMK se-Maluku.

Tujuannya, meningkatkan kualitas teknis penyusunan soal bagi guru-guru Mata Pelajaran (mapel) PAK, budi pekerti, ilmu pengatahuan Alkitab, sejarah Gereja, etika Kristen dan Dogmatika.

Selain itu juga menyiapkan master soal USBN tahun 2019, baik soal utama maupun soal cadangan sebagai antisipasi bila terjadi USBN susulan yang nantinya diteruskan ke instansi terkait sesuai amanat pos USBN 2019 dari Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP) serta menjamin suksesnya pelaksanaan USBN.

Kakanwil Kemenag Maluku Fesal Musaad dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kabag TU mengatakan, melalui bimtek ini diharapkan guru-guru bisa melahirkan soal-soal ujian yang berkualitas untuk siswa/siswi yang akan mengikuti USBN. Soal-soal itu kita harapkan betul-betul diambil dari konfigurasi yang komprehensif.
Dimana tujuan membangun singkronisasi dan visi misi Kemenag dan Kanwil Kemenag Maluku telah dipertegas dan berkonsentrasi pada peningkatan kualitas pendidikan agama dan keagamaan, baik lembaga pendidikannya maupun proses pendidikannya.

Baca juga :   Kemenag Susun Pedoman Kerja Pengawas PAK

Proses USBN terhadap mata pelajaran pendidikan agama dan mata pelajaran keagamaan pada sekolah kegamaan formal tingkat SD, SMP dan SMA yang dalam beberapa tahun ini mengalami peningkatan dari sebatas soal ujian yang dibuat oleh masing-masing satuan pendidikan yang selanjutnya diserahkan ke daerah.

Menyikapi hal tersebut Kanwil Kemenag lewat Bimas Kristen dalam kurun tiga hari kedepan akan melaksanakan Bimtek penyusunan soal USBN PAK pada tingkat SD,SMP dan SMA.

Terhadap pelaksanaan USBN kata Musaad, masing-masing memiliki tanggung jawab yang berbeda, sehingga untuk Mapel PAK dan Mapel keagamaan Kristen pada sekolah keagamaan Kristen formal, Ditjen Bimas Kristen bertanggungjawab untuk menyusun 20-25 persen konten soal dan kisi-kisi soal.
Oleh sebab itu lewat Bimtek penyusunan soal USBN Kakanwil Kemenag berharap, agar dalam proses penyusunan soal USBN PAK dan mapel keagamaan Kristen, lebih baik dari tahun kemarin, sebab itulah hakekat mendidik.
Ia juga berharap, semoga kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik, para peserta juga semakin trampil dalam menyusun soal.

Lewat kesempatan yang sama Musaad juga meminta kepada nara sumber dapat berbagi ilmu tentang teknis pelaksanaan penyusunan soal dan berperan aktif dalam kegiatan dimaksud.

Penulis.  :Gali M

Editor     : Redaksi

About admin

Check Also

Gubernur Hadiri Malam Nuzulul Qur’an Kemenag Maluku

AMBON,N25NEWS.COM – Gubernur Maluku Irjen Pol Purnawirawan Drs Murad Ismail berkenang menghadiri peringati malam Nuzul …