Kementerian Agama Siapkan Skenario Jika Mekah Di Tutup Pada Saat Ibadah Haji

AMBON,N25NEWS.com-Pelaksanaan ibadah haji  2020 terancam batal ditengah Corona Virus Disiase (Covid-19) dan pihak  Kementerian Agama telah menyiapkan skenario bila Mekah ditutup tahun ini.

Hal tersebut disampaikan Plt Kanwil Agama Provinsi Maluku,Djamaludin Bugis kepada awak media saat ditemui di Kantor Gubernur Maluku,senin (6/4).

Lebih lanjut Bugis mengatakan,sinyalemen terbaru yang disampaikan pemerintah Arab Saudi lewat Menteri urusan Haji dan Umrah memintah jemaah haji di seluruh dunia untuk menunggu sebelum membuat rencana haji sampai ada kejelasan tentang pandemi virus corona.

“Kalau memang kebijakan dari pemerintah Arab Saudi bahwa tahun ini ditunda maka semua patuhi karena Arab Saudi itu wilayah tempat ibadah haji.Jadi otoritas kekuasaan mereka untuk mengambil keputusan dan semua harus patuhi dan saya kira kita menunggu saja keputusan Arab Saudi,”kata Bugis.

Adapun,untuk tahun ini secara nasional ada sekitar 220 ribu calon jemaah haji.Sedangkan untuk wilayah provinsi Maluku,tahun ini agak sedikit menurun beberapa persen dari tahun kemarin yang jumlahnya sekitar 1.272 jemaah haji.Sementara biaya rata-rata nasional sebesar Rp.35,2 juta per jemaah.

“Saya optimis pelaksanaan haji tahun ini tetap berjalan seiring dengan meredahnya penyebaran Covid-19.Namun bila nanti tidak diharapkan nanti ada mekanisme semua pasti paham,karena ini bukan kesengajaan,ini situasi kondisi global,”jelas Bugis.

“Untuk itu,saya berharap persoalan corona virus ini segera selesai dan kita tetap berusaha dan berdoa supaya Tuhan bisa mencabut secepatnya virus mematikan ini,sehingga seluruh kemasahalatan kemanusiaan di bumi ini bisa berjalan baik termasuk penyelenggaraan ibadah haji,”tandas Bugis.

Reporter      : Aris Wuarbanaran

Editor          : Redaksi

 

 

Check Also

Berkurban Di kala Pandemi, Kakanwil: “Mari Berfastabiqul Khoirot”

AMBON,N25NEWS.com  – Sejumlah lembaga pendidikan madrasah di Maluku tidak ketinggalan berkurban di tahun ini meski …