Breaking News

Kementerian ESDM Survei Sumur Gas Migas Baru,Dekat Blok Masela

SAUMLAKI,N25NEWS.COM-Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI menggandeng PT. Abitech Matra Indah, perusahaan yang bergerak di bidang explorasi minyak dan gas bumi untuk melakukan survei lokasi sumur baru yang berlokasi tidak jauh dari Sumur Gas Abadi Blok Masela di perairan Arafura, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

“Kegiatan survei seismik ini adalah merupakan program pemerintah dalam hal ini yang diprogramkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.” Kata Manager Operasional PT. Abitech Matra Indah, Elisobar Pasaribu dalam kegiatan Sosialisasi di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku,belum lama ini

Menurut Elisobar, yang perlu dilihat di sini bahwa daerah yang akan di survei adalah daerah terbuka. Artinya belum ada perusahaan yang sudah ditetapkan sebagai pemilik Wilayah Kerja Pertambangan (WKP).

Kegiatan tersebut langsung ditangani oleh Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), kemudian dengan data survei seismik tersebut, Kementrian ESDM RI akan mencari dan menetapkan investor yang akan mengelola lokasi yang dikenal dengan sebutan Abadi Barat, ketika sudah diputuskan sebagai wilayah kerja pertambangan (WKP).

“Seperti misalnya Blok Masela, itu sudah dikelola oleh investor yang namanya Inpex. Tetapi Abadi Barat ini belum ada pengelola. Hasil dari survei inilah nantinya akan kita jual ke invsetor, ke perusahaan siapa yang tertarik untuk mengelola, ketika sudah ditetapkan sebagai wilayah kerja pertambangan migas.” Jelas Elisobar.

Menurut Elisobar Pasaribu, tujuannya kegiatan Sosialisasi Seismik 3 Dimensi Abadi Barat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, untuk meminta dukungan dari pemerintah maupun pemangku kepenting lainnya agar dapat bersinergi sehingga kegiatan survei ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Pertama sekali yang kita harapkan supaya nantinya apa yang dicari didapat. Banyak perusahaan yang sudah mengelola WKP atau wilayah kerja pertambangan migas, tetapi tidak ada hasil. Kita semua berharap dan mari kita berdoa supaya apa yang dicari yang merupakan kebutuhan orang banyak yaitu minyak dan gas dapat ditemukan sehingga ada hasil upaya dari pemerintah dalam hal mencari sumber daya minyak dan gas.” Katanya.

Mengakhiri sambutannya, Elisobar mewakili PT. Abitech mengharapkan dukungan dan doa restu dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan juga para masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan juga komunitas nelayan.

“Saya mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan bantuan pemerintah daerah atas doa restunya.” Pungkasnya.

© Diskominfo 2019

 

About admin

Check Also

Kantor Bupati KKT Direnovasi, Aktivitas Pindah Ke Kewarbotan

SAUMLAKI,N25NEWS.COM-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) terus berbenah dan memperbaiki penampilan wajah kota Saumlaki serta mencoba …

×

N25NEWS.com