Home / Agama / Kementerian PUPR Bantu SPAM Embarkasi Haji Antara Maluku
Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku,Faisal Musaad

Kementerian PUPR Bantu SPAM Embarkasi Haji Antara Maluku

AMBON,N25NEWS.COM – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung program Pemerintah Provinsi Maluku  dan Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) setempat dengan membantu fasilitasi  infrastruktur Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dilokasi asrama haji Waiheru yang akan dijadikan sebagai embarkasi haji antara Maluku.

Bantuan tersebut tertuang dalam surat penawaran Kementerian PUPR yang ditujukan ke Kanwil Kemenag Maluku untuk persetujuan pembangunan infrastruktur SPAM yang pembangunannya dijadwalkan baru akan dikerjakan diawal tahun 2019 mendatang.

“Kami mendapat surat tawaran dari Kementerian PUPR untuk bangun SPAM di asrama haji dan saya sudah menandatangi surat persetujuan menerima tawaran pengadaan air SPAM dari Kementerian PUPR,”akui Kakanwil Kemenag Maluku Fesal Musaad saat ditemui diruang kerjanya, Senin(10/9/2018) kemarin.

Menurutnya, dengan bantuan tersebut secara tidak langsung nantinya sudah dapat membantu pelayanan publik dalam persiapan embarkasi haji antara Maluku di asrama haji Waiheru Ambon.

Untuk infrastruktur pembangunan SPAM nantinya akan ditangani langsung oleh pihak PUPR selanjutnya setelah pekerjaan selesai baru akan diberikan ke Kanwil Kemenag Maluku untuk nantinya dikelola secara langsung.

Sementara Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kenenag Maluku Yamin S.Ag yang secara terpisah dikonfirmasi, juga mengatakan hal yang sama seperti yang sudah dijelaskan Kakanwil Kemenag Maluku, bahwa akan ada bantuan Kementerian PUPR dalam pengembangan embarkasi haji antara Maluku berupa pembangunana sarana air bersih dalam bentuk SPAM.

Dimana dalam sistim penyediaan air bersih yang salurannya pipa ratusan meter yang  diambil langsung dari titik  gunung, sehingga debet airnya bisa membackup semua fasilitas yang ada di asrama haji.

“Jadi baru saja pak Kanwil Kemenag menandatangi surat pernyataan bersedia menerima hibah Barang Milik Negara (BMN) Kementerian PUPR dalam pengelolaan SPAM, selanjutnya kami hanya tinggal menerima bersih setelah pekerjaan selesai,”katanya.

Oleh : Gali Markalin

About admin

Check Also

Pendam XVI/Pattimura Silaturahmi Dengan Insan Media

AMBON,N25NEWS.COM – Penerangan Kodam XVI/Pattimura menggelar kegiatan Komunikasi Sosial atau silaturahmi dengan insan media baik …