Kepala Dinas Perindag Provinsi Maluku,Elvis Pattiselano,

Kemenperin Tandatangani Kontrak Dengan Peserta TPL Dari 4 Kabupaten/Kota

AMBON,N25NEWS.COM-Kementerian Perindustrian dan Perdagangan RI  menandatangani kontrak kerjasama dengan peserta program beasiswa tenaga penyuluh lapangan-industri kecil dan menengah (TPL-IKM),guna bertugas melakukan penyuluhan dan pendampingan di 4 sentra IKM di bawah koordinasi Kementerian Perindustrian dan Desperindag tingat Provinsi,maupun Kabupaten/Kota.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Perindag Provinsi Maluku,Elvis Pattiselano,kepada awak media,dalam Acara Rapat Koordinasi Dinas Perindag Se-Provinsi Maluku,yang berlangsung di Hotel Marina Ambon,selasa (26/3/2019).

Lebih lanjut Pettiselano mengatakan,”Kami prioritaskan untuk tahun 2020 yaitu program Rumah Kemasan,yang mana untuk membantu IKM dalam membuat kemasan-kemasan yang mempunyai standar,sebab selama ini kita belum mempunyai standar kemasan,makanya kita masih pesan dari Jawa,”kata dia.

Menurut dia lagi,program Kemenperin untuk TPL yang mana sebagai penyuluh lapangan,juga sebagai pendamping UKM,dalam rangka membina mereka,sehingga produk-produk yang dihasilkan akan lebih baik,demikian pula pendampingan TPL ini bagaimana management usaha dari pelaku UKM.

“Adapun 4 Kabupaaten/Kota yang dipilih sesuasi dengan hasil seleksi oleh Kemenperin yaitu,Kabupaten Maluku Ternggara (Malra),Kota Tual,Kabupaten Buru Selatan dan Kota Ambon.Besik pendidikan mereka adalah D3,yang mendapat beasiswa,kemudian dikontrak guna melaksanakan tugas sebagai penyuluh di Kabupaten/Kota,”jelas Pattiselano.

Kemudian untuk tahap awal,para TPL harus bisa mengetahui dan mengenali,permasalahan nyata yang dihadapi para pelaku IKM.selanjutnya,dengaan bekal pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki,maka para TPL dapat memberikan rekomendasi dan solusi bisnis yang bisa dijalankan UKM.

“Nah tadi kita sudah tandatangan kontrak untuk TPL,maka otomatis mereka akan melaksanakan tugas itu,tapi perlu diketahui bahwa,setelah selesai kontrak dengan TPL,mereka tidak menjadi pegawai negeri,tetapi kita berharap mereka bisa menjadi wirausaha-wirausaha baru di daerah mereka masing-masing,”tandas Pattiselano.

Reporter      : Aris Wuarbanaran

Editor          : Redaksi

 

Check Also

Stok Tersedia,Harga Cabai Rawit Merah Di Pasar Ambon Turun

AMBON,N25NEWS.com-Harga cabai rawit merah di salah satu pasar tradisional Ambon,yakni pasar Mardika telah turun semenjak …

×

N25NEWS.com