Breaking News

Kendaraan Plat Nomor Luar Menjamur Di Kota Ambon

AMBON,N25NEWS.COM-Kendaraan plat nomor luar saat ini memang telah menjamur di Kota Ambon,mana kebebasan masing-masing orang untuk membeli kendaraan berplat nomor luar,tetapi tidak memicuh peningkatan pendapatan daerah.

Hal ini dikatakan Kepala Badan Pendapatan Provinsi Maluku,Anton Lailossa,kepada awak media saat ditemui dirinya di Kantor Gubernur Maluku,senin (20/01/2019).

Lebih lanjut Lailossa mengatakan,”Nah khusus untuk kendaraan plat nomor luar ini secara UU maksimal 3 bulan pemilik kendaraan plat nomor luar sudah harus merobahnya,tetapi UU juga membebaskan kalau mereka mahu perpanjang 3 bulan ijin dari polisi diperbolekan,cuma itu agak sulit makanya kita menghimbau untuk mereka supaya robah plat nomor luar DE, dan pajaknya,”kata Lailossa.

Sementara itu ada juga kendala terkait dengan dirobahnya plat nomor luar ini, sebab ada masyarakat yang masih mengkredit kendaraannya sehingga otomatis belum lunas dan belum jadi hak milik mereka,hal inilah yang mengakibatkan masyarakat untuk merobah plat nomor luar agak sulit karena berbenturan dengan pembayaran kredit kendaraannya.

“Memang itu yang menjadi kendala sebab kredit mereka belum lunas,ya kalau begitu mahu buat apa lagi,tetapi yang sudah membayar dan membeli kendaraan cepatlah mengurusnya di Samsat,sebab ada Perda yang mengatakan kalau sudah datang batasnya cuma satu bulan,atau lebih dari satu bulan maka mereka kena denda lagi,” jelas Lailossa.

Baca juga :   Harga Bawang Turun Di Pasar Ambon,Cabai Naik Rp.100 Ribu

Upaya pemerintah terkait dengan permasalahan ini ,maka pemerintah telah memberikan edukasi kepada masyarakat,salah satunya membagikan brosur-brosur bagi masyarakat yang mempunyai kendaraan berplat nomor luar,serta pemerintah juga akan mempermudah Juga mempertimbangkan apakah dari plat nomor luar dan dendanya akan di tinjau lagi.

“Saya ambil cintoh tahun lalu di bulan September,masyarakat banyak yang belum paham sebab tidak ada edukasi dari pemerintah,maka masyarakat merasa oh kalau kita tahan pajak kita nanti akan di bebaskan oleh pemerintah,tetapi itu tidak bisa sebab pemerintah akan memperhitungkan kalkulasi,”papar Lailossa lagi.

“Untuk itu kita menghimbau bahwa denda itu tidak ingin ditanggung maka ada baiknya masyarakat yang mempunyai kendaraan plat nomor luar segerah mengurusnya dan membayar denda tepat waktu sesuai dengan ketentuan NJKB (Nomor Jawab Kendaraan Bermotor) ,”tandas Lailossa.

Penulis : Aris Wuarbanaran
Editor : Redaksi

About admin

Check Also

Harga Bawang Putih Turun, Bawang Merah Murah Dipasar Ambon

AMBON,N25NEWS.com-Harga bawang putih berangsur turun dari Rp 40.000 menjadi Rp 32.000 per kilogram,harga ini tergantung …

×

N25NEWS.com