Kepala BKKBN Melantik 671 Pejabat Fungsional Secara Virtual

JAKARTA,N25NEWS.com-Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat, dr.Hasto Wardoyo,SP.OG. (K) mengambil sumpah  671 pejabat fungsional yang dilakukan secara virtual atau daring di kantor BKKBN Pusat Jakarta,jumat (17/7).

Kepala BKKBN dr.Hasto Wardoyo,SP.OG. (K) dalam sambutannya menjelaskan, transformasi jabatan administrasi ke jabatan fungsional dan jabatan administrasi dilingkungan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sebagai bentuk tindak lanjut arahan Presiden RI Joko Widodo,Tentang penyederhanaan birokrasi.

Selain itu,BKKBN pun juga telah mengeluarkan peraturan nomor 11 tahun 2020,tentang organisasi dan tata kerja BKKBN dan telah mencabut peraturan nomor 72 tahun 2019,sehingga pada hari ini pejabat fungsional yang telah dilantik penempatannya sudah mengikuti struktur dan organisasi atau SOPK hasil transformasi kelembagaan yang baru.

“Ada dua perubahan yang cukup besar ,yang terjadi dalam satu kesatuan waktu yaitu,perubahan struktur atau SOTK diikuti dengan perubahan atau dari transformasi dari jabatan administrasi ke jabatan fungsional.Oleh karena itu,tentu perubahan ini adalah perubahan dengan tidak sederhana dan sifatnya kompleks serta membawa dampak yang luas kepada kinerja kita semua,”kata dr.Hasto.

Adapun,pejabat fungsional yang dilantik pada hari ini berjumlah 671 orang yang ada di BKKBN pusat maupun yang ada di provinsi di seluruh Indonesia.Yang terdiri dari pejabat ahli madia sebanyak 149 orang dan pejabat fungsional ahli mudah 522 orang,dengan 19 jenis rumpun jabatan fungsional.Selain pejabat fungsional yang dilantik ada 298 orang dalam proses falidasi di Kemen PAN RB.

Kemudian juga akan menyusul dilakukan pelantikan sehingga tidak kurang dari lebih dari 900 jabatan yang akan dilantik secara keseluruhan,”Perlu kami sampaikan bahwa,selain melantik pejabat fungsional hasil penyetaraan dari jabatan administrasi,jabatan fungsional juga ada dua pejabat fungsional serta 10 jabatan struktural administrasi sesuai dengan SOTK yang baru,”jelas dr.Hasto.

“Kepada pejabat yang baru saja dilantik,saya ucapkan selamat,baik itu pejabat struktural maupun pejabat fungsional yang tentu akan mengemban tugas dengan fungsi-fungsi yang baru, akan tetapi tentu dengan prefesional yang telah dimiliki masing-masing,”ujarnya.

Dia juga minta kepada semua pejabat dan juga baik yang administrative,maupun yang fungsional yang dilantik pada hari ini tentu spirit untuk memberikan jabatan fungsional dan transformasi dari struktural atau administratif pada fungsional mempunyai dua makna besar bagi kita semua.

Selain itu kata dr.Hasto,makna pertama sangat besar untuk meningkatkan kinerja dan capaian indikator dengan lebih baik,lebih cepat lebih fokus.Kemudian yang kedua tentu makna besar di dalam jabatan fungsioonal j uga mendapatkan kesejahteraan yang lebih baik.

Kesejahteraan tersebut dalam bentuk seperti,kenaikan pangkat yang pihak BKKBN inginkan agar lebih cepat di dalam fungsional mungkin 10 tahun para sekalian bisa naik pangkat karena kinerja fungsionalnya sebagai pendudukung kenaikan pangkatnya.

“Saya berharap dengan fokus kepada kegiatan fungsional maka pejabat lebih profesional dan juga tentu kedepan,kami sangat ingin sekali memberikan imbalan yang sesuai dengan jeri payah pejabat sekalian yaitu,dalam bentuk imbalan kinerja yang sesuai dan dengan harapan tentu ada peningkatan melalui fungsiobnal ini,”ujarnya.

Oleh karena itu,hal tersebut di atas sebagaimana dua sisi mata uang,satu sisi memang tanggung jawab kemudian satu sisi adalah kewajiban BKKBN untuk memberikan haknya kepada pejabat sekalian.

“Kiranya kita dapat hal-hal untuk kami tindaklanjuti di BKKBN guna lebih efektif dan efisien,dalam meraih cita-cita serta juga mencapai visi dan misi BKKBN untuk mewujudkan pertumbuhan penduduk yang simbang dan juga keluarga yang berkualitas,”tandasnya.

Reporter       : Aris Wuarbanaran

Editor           : Redaksi

Check Also

Kasad Andika Perkasa Pimpin Sertijab Pangdam Pattimura

JAKARTA,N25NEWS.com -Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin upacara Serah Terima Jabatan …