Breaking News
Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku, Dr. Asrif

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku,Kompetensi Berbahasa Indonesia Itu Penting

SAUMLAKI,N25NEWS.COM-Pemerintah Provinsi Maluku melalui Kantor Bahasa Provinsi Maluku  terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi berbahasa Indonesia yang dipandang penting dalam membantu tugas-tugas penyelenggaraan pemerintahan.Upaya tersebut dilakukan melalui Kegiatan Penyuluhan Bahasa Indonesia Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT).

Kegiatan Penyuluhan Bahasa Indonesia di Tanimbar disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu faktor penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam keseharian sebagai aparatur negara, dan posisi kabupate KKT yang tergolong dalam daerah 3T (Terdepan, Terluar, Terpencil).

“Kita ingin meningkatkan kompetensi berbahasa Indonesia untuk Aparatur Sipil Negara, TNI dan Polri, mengapa itu penting, karena kita melayani masyarakat dalam keseharian kita menggunakan bahasa Indonesia dan tentu yang kita harapkan adalah bahasa Indonesia yang baik dan benar.” Kata Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku, Dr. Asrif di Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku,belum lama ini.

Lanjutnya, “Karena Kabupaten Kepulauan Tanimbar merupakan kabupaten terdepan Republik Indonesia, maka penguatan bahasa negara perlu terus-menerus dijalankan agar penetrasiasing melalui bahasa dapat kita cegah dan bahasa negara kita tetap kuat.”SambungAsrif.

Sasaran kegiatan ini ditujukan kepada ASN, TNI dan Polri, yang bukan guru bahasa Indonesia karena guru bahasa Indonesia adalah parasarjana bahasa yang memiliki kompetensi bahasa sangat baik.

“Justru yang kami lihat adalah Aparatur Sipil Negara kita, TNI dan Polri juga perlu mendapatkan pembaharuan-pembaharuan tentang bahasa Indonesia yang baik seperti apa dan yang benarseperti apa, agar melaksanakan pelayananannya ke masyarakat dapat berjalan secara efektif lebih prima dan komunikatif terhadap masyarakat.” JelasAsrif.

Menurut Asrif, kegiatan ini mendapat respons yang sangat baik oleh seluruh peserta sebagaimana yang disampaikan oleh Asisten Pemerintahan Setda KKT, Damianus Lamere, saat beraudensi dengan penyelenggara.

Lamere mengatakan, “Ini kegiatan yang pertama kali ada di tempat kami, sebelumnya kami tidak pernah menempatkan ASN melalui peningkatan kompetensi berbahasa seperti ini, begitu pula rekan-rekan kita di Polri.

Dimana mana mereka setiap hari harus berhadapan dengan kasus-kasus yang terkait dengan pencemaran nama baik, penghinaan, untuk itu kemudian para penyidik itu diperkuat kompetensi berbahasanya agar dalam melaksanakan pekerjaan mereka, mereka dapat memahami bahasa itu dengan baik, mereka dapat menggunakan bahasa itu secara tepat.” Ucap Asrif meniru perkataan Damianus Lamere.

Materi yang disajikan pada kegiatan penyuluhan bahasa Indonsia antara lain, teknik berbicara di depan publik. Hal ini disebabkan karena sangat banyak penggunaan bahasa yang salah oleh para pembawaa cara.Sehingga diharapkan dapat membantu menambah pengetahuan baru agar lebih cakap dalam membawakan acara dan semakin profesonal.

Materi selanjutnya tentang tata naskah surat dinas. Pada materi tata naskah surat dinas, diketahui bahwa instansi pemerintah setiap hari mengeluarkan surat dinas, kadangkala surat itu memusingkan pembaca, pimpinan pun kadang kala tidak paham, bahkan format surat berbeda-beda. Paling utamaya itu bagaiman bahasa surat tersebut lebih komunikatif, singkat padat dan jelas.

“Semua bahasa itu harus berlogika dan dapat dipahami oleh siapapun, termasuk juga bahasa Indonesia ragam hukum.Bahasa ragam hukum tidak lagi ditujukan kepada Polisi tetapi untuk kita semua, kita juga harus tahu, ternyata ucapan ini bisa membawa saya kepersoalan pidana misalnya.” Kata Asrif.

Lanjutnya, “ucapan-ucapan ini ternyata bisa diperkarakan dan dipidanakan oleh siapa pun, sehingga kita kemudian menyampaikan kepada semua orang justru menjadi duta bahasa, stop ujaran kebencian, stop berita bohong, mari kita berbahasa yang baik, berbahasa Indonesia yang benar dan jauhkan dari hal-hal yang sifatnya justru memecah belah kita dan mengadu domba kita.” Pungkasnya.

 

About admin

Check Also

Kantor Bupati KKT Direnovasi, Aktivitas Pindah Ke Kewarbotan

SAUMLAKI,N25NEWS.COM-Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) terus berbenah dan memperbaiki penampilan wajah kota Saumlaki serta mencoba …

×

N25NEWS.com