Home / Sosial / Kesbangpol Maluku : Yayasan Anak Bangsa Ilegal
Plt Kesbangpol Provinsi Maluku,Dachjar.M.A.Sialana

Kesbangpol Maluku : Yayasan Anak Bangsa Ilegal

AMBON,N25NEWS.COM-Keberadaan Yayasan Anak Bangsa (YAB) di Provinsi Maluku legalitasnya patut dipertannyakan dan dapat dikatakan bahwa Yayasan Anak Bangsa ini adalah Yayasan ilegal,bahkan Kesbangpol sudah pernah meminta surat terkait keberadaan yayasan tersebut tetapi pihak yayasan tidak respon.

Hal ini disampaikan Plt Kesbangpol Provinsi Maluku,Dachjar.M.A.Sialana,kepada awak media saat ditemui dirinya di Kantor Gubenur Maluku,rabu (21/11/2018).

Lebih lanjut,Sialana mengatakan,”Saya boleh katakan yayasan ini ilegal,kenapa ? karena kita sudah meminta mereka menunjukan surat-surat terkait keberadaan mereka,tetapi mereka tidak merespon itu,kemudian yayasan ini pusatnya di Korea maka otomatis merupakan organisai asing,”kata Sialana.

Kalaupun organisasi asing yang beraktifitas di wilayah Indonesia,maka sudah barang tentu harus mendapat rekomendasi dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dan harus terdaftar di Kementerian Hukum dan Ham dengan memenuhi syarat-syarat yang lengkap dan ketat.

“Saya heran kalau yayasan ini legal mengapa tidak ada Kantor Sekretariatnya,nah bagaimana mungkin kita mahu melakukan pembinaan dan komunikasi sedangkan sekretariatnya tidak ada dan juga segala syarat yang kami sampaikan tidak ada maka kami anggap yayasan ini ilegal,”jelas Sialana.

Kemudian yayasan tersebut segala pengurusannya langsung di Jakarta (Pusat),berarti secara etika Yayasan Anak Bangsa tidak menghormati segala kepengurusan yang ada di Pemda Maluku,sementara yayasan tersebut berada di wilayah Maluku.

“Untuk itu saya menghimbau kepada masyarakat yang merasa dirugikan dari ulah yayasan ini,maka masyarakat mempunyai legal standing untuk melaporkan mereka ke Polisi,sedangkan kami dari Kesbangpol hanya melakukan tindakan administrasi saja,”tandas Sialana.

Oleh : Aris Wuarbanaran

 

About admin

Check Also

Pohon Sagu Di Areal Unpatti Teracam Punah

AMBON,N25NEWS.COM-Pohon Sagu merupakan tanaman lokal yang dapat dijadikan pangan lokal dan menjadi makanan tradisional masyarakat …