Breaking News

Kesempurnaan Hidup (Moksa) Sang Buddha Gautama,Menjadi Teladan Semua Umat Buddha

AMBON,N25NEWS.COM-Ritual Trisuci Waisak yang dirayakan oleh umat Buddha guna memperingati tiga peristiwa penting dan sakral dalam agama Buddha,yakni lahirnya Siddartha Gautama,yang mana diperoleh kesadaran agung yang dicapai oleh Sang Budha,wafatnya Sang Buddha,juga merupakan siklus kehidupan Sang Buddha inilah yang menjadi teladan bagi seluruh umat Buddha di dunia.

Hal ini disampaikan Staf Ahli Gubernur Maluku Bidang Kemasyarakatan dan SDM,Abdul Halim Daties saat membacakan sambutan Gubernur Maluku pada Acara Pasar Murah/Bazaar menyambut Hari Raya Waisak 2563 tahun 2019 yang berlangsung di Halaman Kantor Perindag Provinsi Maluku,selasa (14/5/2019).

Lebih lanjut Daties mengatakan bahwa,”Perjalanan spiritual Siddartha Gautama dengan nilai-nilai keteladanannya serta tekad yang kuat untuk meraih martabat dan kesepurnaan hidup (Moksa).Sikap yang tidak terbelenggu ego dan hawa nafsu,”kata dia.

Perjalanan nilai-nilai universal dari ajaran agama Buddha dapat memberikan kekuatan batin bagi umatnya dalam membina kehidupan berdasarkan pegangan moral yang kokoh,kesadaran keagamaan yang tinggi dan kekayaan rohani yang lestari.

“Saya mengajak segenap umat Buddha di Negeri Raja-raja ini untuk meneladani nilai-nilai universal dari dharma yang diajarkan Sang Buddha.Dana mari kita tinggalkan sikap mementingkan diri sendiri,kita suburkan sikap saling menghargai dan menciptak suasana Maluku yang rukun,”tutur Daties.

Sementara itu kegiatan pasar murah/bazaar yang dilaksanakan Pemda Maluku ini adalah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setap tahun dalam menyambut hari-hari besar keagamaan.Hal ini pertanda kepedulian Pemda Maluku dalam usaha pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat.

“Untuk itu kita patut bersyukur karena selama ini dalam menghadapi hari-hari besar keagamaan,stok kebutuhan pokok masyarakat untuk Provinsi Maluku tersedia dalam jumlah yang cukup.Ini semua adalah berkat kerja sama Pemda Maluku melalui Perindag yang telah membangun komunikasi secara terus menerus dengan beberapa kora besar di provinsi lainnya di Indonesia,”tandas Halim Daties.

Reporter       : Aris Wuarbanaran

Editor           : Redaksi

About admin

Check Also

Sejumlah Organisasi  Pemuda Minta,Menteri  Dari Maluku Harus Dari Kalangan Pengusaha atau Birokrat Murni

AMBON,N25NEWS.COM – Apa yang di suara sejumlah Organisasi Kepemudaan di Maluku hari ini (8/7),dengan menyampaikan …