Ketua GAMKI Maluku Harap Pemkot dan Pemprof Lebih Serius  Hadapi Penyebaran Covid-19

AMBON,N25NEWS.com-Ketua DPD Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Provinsi Maluku,Heppy Lelapary meminta kepada Pemerintah provinsi (Pemprov) Maluku dan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon,untuk lebih serius dalam melakukan pencegahan dan antisipasi serta langkah-langkah konkrit terhadap penyebaran Corona Virus Disiase (Covid-19).

Menurut Lelapary,langkah-langkah kongkrit ini sangat diperlukan,sebab sampai hari ini Maluku telah bertambah pasien posetif Covid-19.Olehnya sangat perlu   penanganan yang maksimal.

“Bertamabahnya tiga pasien posetif Covid-19 membuktikan kita belum maksimal melakukan langkah antisipatif terhadap penyebaran corona virus.Maka secara organisatoris kita mempunyai kerinduan untuk bersama masyarakat Maluku keluar dari permasalahan virus mematikan ini,”kata Lelapary kepada N25NEWS.com,di Ambon,senin 6 April 2020.

Lebih lanjut,Lelapary menandaskan,Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 jangan hanya terjebak pada hal-hal yang sifatnya seremonial,administrasi birokrasi belaka yang justru akan memperlambat kerja.Padahal masyarakat Maluku menaruh harapan tinggi pada pemerintah daera (Pemda) dan Pemkot.

Selain itu,kata Lelapary,negara-negara di dunia saja banyak yang tanggap dalam hal ini,bahkan sudah ada yang melakukan lockdown dengan segala konsekuensinya.Jadi Pemda dan Pemkot tidak boleh terlena apalagi menganggap enteng,tentu tetap memberi ketenangan pada masyarakat.

Dosen Unpatti ini juga menandaskan ,wacana mengenai lockdown,yang sudah barang tentu akan berdampak bagi kehidupan sosial masyarakat,namun lanjut dia lockdown hanya bagi warga yang masuk atau keluar,sedangkan untuk aktivitas kebutuhan sembako tetap jalan seperti biasa.Sehingga mungkin akan mengurangi penyebaran Covid-19 di wilayah Maluku.

Baca juga :   New Normal Bakal Dilaksanakan Di Maluku

“Kota Ambon menjadi pintu masuk maka harus benar-benar diperketat,di jaga dan dikawal sebaik mungkin,sehingga kita tidak lagi kuatir dan tidak merasa terganggu dengan virus asal Wuhan China ini,”jelas Lelapary.

“Kita dapat merasakan bahwa dengan bertambahnya kasus pasien yang posetif Covid-19 ini adalah sesuatu yang sangat menguatirkan kita,sehingga diperlukan langkah nyata.Selain itu,kalau pemerintah dipandang perlu segerah melakukan lockdown,namun itu tadi khusus buat aktivitas kapal penumpang dan penerbangan komersial,”ujar Lelapary.

Untuk itu,Lelapary berharap,GAMKI Maluku akan tetap ada bersama-sama masyarakat dan sebagai elemen masyarakat ada dalam barisan untuk mendukung kebijakan Pemda maupun Pemkot maupun lembaga-lembaga keagamaan yang sampai saat mengawal masyarakat untuk tetap tertip dalam melaksanakan aktivitas kehidupan sehari-hari.

“Semua komponen bangsa harus jalan beriringan,fokus pada penyelamatan warga.Semoga wabah corona ini segera berakhir.Mari kita sama-sama saling mengingatkan dan meningkatkan ibadah kita serta jangan lupa berdoa,”tandas Lelapary.

Editor        : Aris Wuarbanaran

Check Also

Puluhan Anggota Koramil 1502-09/Bula Ikut Kegiatan Rapid Test

BULA,N25NEWS.com -Puluhan anggota Kodim 1502 masohi wilayah Seram Bagian Timur ikut pemeriksaan rapid test di …