Ketua PKK Malra Sebut Pelantikan Ketua PKK 3 Kecamatan Sebagai Penguatan Kelembagaan Organisasi PKK

MALRA,N25NEWS.com – Pelantikan dan pengukuhan Ketua Tim Penggerak PKK tiga kecamatan yaitu Kecamatan Kei Kecil Selatan Timur,Kei Besar Utara Barat dan Kecamatan Kei Besar Selatan Timur.

Hal ini di sampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tenggara Eva Hanubun saat di wawancarai setelah acara mengukuhkan Ketua PKK Kecamatan di Aula kantor Bupati Lantai III(10/12).

Dikatakannya,Pelantikan ini senantiasa di maknai sebagai implementasi dan konsulidasi Tim Penggerak PKK Kabupaten dalam rangka memberikan penguatan terhadap kelembagaan organisasi tim penggerak PKK disemua jenjang kepengurusan.

Selain itu lanjut Hanubun,Visi dari gerakan PKK adalah terwujudnya keluarga beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa berahklak mulia dan berbudi luhur, sehat sejaterah, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

“Visi tersebut memiliki makna yang hakiki dan mencakup seluruh aspek kehidupan manusia yang pembentukannya berawal dari keluarga,”jelasnya.

Selain itu kata Hanubun,Pemberdayaan keluarga melalui 10 program pokok PKK akan memberikan sumbangan besar kepada masyarakat secara keseluruhan.

Dari aspek kesetaraan dan keadilan jender kata Hanubun,mengandung makna bahwa perempuan dan laki – laki mempunyai hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga, anggota masyarakat maupun warga negara yang mempunyai hak dan kewajiban dalam hukum dan pemerintahan.

Tambahnya lagi,Visi tersebut di jabarkan dalam misi inti mencakup 10 program pokok PKK yang bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejateraan masyarakat lahir dan batin dengan sasarannya yaitu keluarga di pedesaan dan perkotaan.

“Visi tersebut hanya bisa terwujud jika 10 proram PKK dapat diimplemtasikan secara baik dalam kehidupan keluarga dan masyarakat,”kata Ketua Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tenggara ini.

Kondisi tersebut tanbah Hanubun,dipengaruhi oleh lima hal pokok yaitu Pertama : dilakukan penguatan terhadap kelembagaan tim penggerak PKK disetiap jenjang kepengurusan,Kedua : perlu dilakukan penguatan terhadap sumber daya manusia tim penggerak PKK diwujudkan melalui kegiatan pelatihan – pelatihan, kursus – kursus dan sosialisasi.

Ketiga : penentuan program – program prioritas yang disesuaikan dengan kondisi daerah dan merupakan penjabaran dari 10 program PKK yang ditetapkan melalui rapat pengurus dan berpedoman kepada tim penggerak PKK Kabupaten.

Keempat : penguatan dana yang ditetapkan dalam anggaran pendapatan dan belanja desa sehingga perlu dimonitor dan dievaluasi secara baik oleh tim penggerak PKK kabupaten
Kelima : peningkatan partisipasi masyarakat dalam mendukung semua program – program PKK.

“Apabila kelima hal pokok dilakukan secara baik maka saya yakin dan percaya bahwa kita bisa mewujudkan visi dari gerakan PKK,”yakinnya.

Bersamaan dengan pelantikan Ketua – Ketua tim penggerak kecamatan dan pengukuhan Bunda Paudnya,Hanubun menjelaskan,kedua ini memiliki tugas dan fungsi yang teritegrasi kedalam tugas dan fungsi tim penggerak PKK di semua jenjang kepengurusan.

Reporter : Pae Rahakbauw
Editor : Redaksi

Check Also

Sosialisasi Dan Antisipasi Penyebaran Virus Corona Di Malra

MALRA,N25NEWS.com- Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) menggelar acara sosialisasi pencegahan virus corona (Covid-19),dimana virus mematikan …