Breaking News

Kampung KB Di Dusun Air Tenggelam Desa Hunuth,Turunkan Angka Putus Sekolah

AMBON,N25NEWS.COM-Setelah terbentuk Kampung KB di Dusun Air Tenggelam,Desa Hunuth Kecamatan Teluk Ambon pada tahun 2018 lalu,terlihat perubahan yang sangat signifikan baik itu pola hidup masyarakat  pemberdayaan sampai pada infrastruktur di dusun tersebut.

Hal ini di akui  Ketua Pokja Kampung KB Dusun Air Tenggelam Fitri Warjan Razid (45),kepada N25NEWS.COM ketika di temui di kediamannya di Dusun Air Salak belum lama ini.

Perubahan itu kata Fitri ,tidak terlepas dari berjalannya program-program di Kampung KB antara lain program pemberdayaan dan infrastruktur.

Namun demikian ungkap ketua pokja ini,awalnya dia merasa kesulitan untuk menyadarkan masyarakat akan manfaat Kampung KB itu sendiri,namun seiring dengan sosialisasi  yang gencar di lakukan baik itu pendamping KB,Pokja,akhirnya masyarakat dapat memahami.

“Kami melakukan berbagai pertemuan,memberikan penjelasan dan edukasi tentang manfaat dari program Kampung KB,terlihat sekali dengan pertemuan-pertemuan tersebut menambah pengetahuan,yang mana tadinya kita tidak tahu,menjadi tahu,dan sebelumnya ada yang pesimis sekarang lebih termotivasi,”kata dia.

Selain itu  ungkap Fitri,bahwa dengan  adanya program Kampung KB ,maka ada intervensi dari instansi-instansi lain diantaranya PUPR,dengan membangun jalan setapak,hal ini telah membuka terisolasi Dusun tersebut puluhan tahun lamanya,sehingga mobolisasi barang dari dusun tersebut ke pasar sekarang sudah lancar dan tidak mengeluarkan biaya besar.

“Selain itu dengan adanya Kampung KB programnya sudah dapat meminimalisir angka putus sekolah di dusun Air Tenggelam,makanya masyarakat di dusun Air Tenggelam sangat berterima kasih dengan adanya program Kampung KB.Bahkan saya sudah masukan 10 anak yang putus sekolah untuk kembali melanjutkan pendidikan mereka,”jelasnya.

Ke depan kata Ketua Pokja Kampung KB Dusun Air Tenggelam  Fitri Warjan Razid,masyarakat  masih mengharapkan Adanya perbaikan  infrastruktur di dusunnya yaitu,jalan setepak di perlebar sehingga mobil juga bisa masuk dan lampu jalan yang dibuat oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).Kemudian masyarakat yang sebagian besar adalah petani itu, mengusulkan juga untuk pembuatan jembatan agar rentang kendali warga untuk menjual hasil pertaniannya ke kota aksesnya lancar.

“Masyarakat  sangat merespons sekali program Kampung KB ini dan saya berharap dengan adanya program Kampung KB ini,perekonomian masyarakat semakin meningkat dan kesejahteraan keluarga mereka juga lebih baik,”tandas Fitri Warjan Razid.

Reporter      : Aris Wuarbanaran

Editor          : Redaksi

About admin

Check Also

Peringatan HKG-PKK 2019 Provinsi Sumbar Berlangsung Meriah

PADANG,N25NEWS.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat menjadi tuan rumah Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan …