Ketua Satgas COVID-19 Maluku Harap Penyuluh Agama Bantu Sosilalisasikan Pentingnya Vaksinasi

AMBON,N25NEWS.com-Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Maluku Kasrul Selang berharap penyuluh agama Kementerian Agama (Kemenag) Maluku bisa membantu pemerintah daerah dalam mensosialisasikan pentingnya pemberian vaksin COVID-19.

Hal ini penting dilakukan menyusul maraknya informasi hoax yang beredar di masyarakat terkait vaksinasi COVID-19,yang kini menjadi salah satu upaya pemerintah untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus corona khususnya di Maluku.

“Informasi mengenai vaksin ini kan bermacam-macam yang berkembang di masyarakat.Vaksin belum tiba,hoax sudah dimana-mana.Ada yang suntik kemudian meninggal dan lain sebagainya,”kata Kasrul Selang saat membawa materi pada acara sosialisasi dan pembekalan penyuluh yang merupakan kerjasama Satgas COVID-19 Maluku dengan Kemenag di aula Kanwil Depag Provinsi Maluku,Kamis (8/1 ).

Menurutnya,peran penyuluh agama dianggap strategis karena mereka berada dan langsung berhadapan dengan masyarakat serta mempunyai wilayah binaan.

“Katong butuh tenaga penyuluh untuk membantu memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya vaksinasi sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona,”tegas Kasrul.

Baca juga :   Serbuan Air Pasang Di Tanah Goyang Resahkan.Warga, Dinas PU PR SBB Nyatakan Proyek Pembuatan Talud Penahan Ombak Sudah Diprogramkan

Oleh sebab itu,dirinya mengajak seluruh komponen masyarakat di Maluku untuk turut bersama pemerintah daerah membangun kesadaran dan kesiapan agar program vaksinasi ini bisa berjalan lancar.

“Penjelasan pemberian vaksin akan dilakukan secara bertahap,ini bukanlah hal yang mudah,sehingga kami butuh peran serta dan dukungan positif dari seluruh masyarakat,”ujar Kasrul.

Selain itu,Sekda Maluku ini juga minta agar masyarakat tetap  menjaga protokol kesehatan.”Tetap disiplin menjaga Prokes dengan tetap memakai masker,cuci tangan dan menjaga jarak,”ujar Kasrul.

Adapun,dikesempatan itu,Kanwil Kemenag provinsi Maluku,Jamaluddin Bugis dalam arahannya meminta agar penyuluh agama untuk bisa berperan aktif menjadi ujung tombak pemerintah dalam memberikan pencerahan secara positif kepada masyarakat terkait pemberian vaksin COVID-19.

“Untuk itu,kita harus bergerak cepat untuk mensukseskan program vaksinasi COVID-19,sebagai upaya memutuskan mata rantai penyebaran Coronavirus Disease,”tandas Jamaluddin.

Sumber  : Humas Pemprov Maluku

Editor     : Aris Wuarbanaran

 

Check Also

Sekda Buka Pelatihan Teknis Pelayanan Publik Dan Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Das

AMBON,N25NEWS.com-Sekretaris Daerah Maluku Kasrul Selang membuka resmi Pelatihan Teknis Pelayanan Publik dan Guru Pendidikan Agama …