Ketum LASQI Temui Walikota Ambon

AMBON,N25NEWS.COM – Disela-sela kesibukan membuka kegiatan pembinaan standar manajemen masijid berbasis tipologi Kanwil Kemenag Maluku Sekretaris Direktur Binmas Islam Kementrian Agama Repubkik Indononesia (KEMENAG RI) selaku Ketua umum (Ketum) selaku Lomba Festival Seni Qosidah (LASQI) Tarmizi Tohor menemui Walikota Ambon Richard Louhenapessy.

Pertemuan singkat yang berlangsung di Lateri Beach, Sabtu(3/8) Ketua Umum LASQI didampingi Kakanwil Kemenag Maluku Fesal Musaad, Kabag TU Kemenag Maluku Jamaludin Bugis, Kakamenag Kota Ambon Drs Zein Firdaus Kaisupy membahas persiapan Kota Ambon sebagai tuan rumah Festival Qasidah tingkat nasional.

Kakanwil Kemenag Maluku Fesal Musaad yang dihibungi via selulernya, Minggu(4/8) mengakui adanya pertemuan antara Sekretaris Direktur Binmas Islam Kementrian Agama Repubkik Indononesia (KEMENAG RI) selaku Ketum LASQI Tarmizi Tohor dengan Walikota Ambon Richard Louhenapessy.

Dalam pertemuan kata Musaad, membahas fesitval qasidah nasional yang akan dilaksanan di Kota Ambon yang direncanakan diakhir tahun 2019.

“Itu mereka membahas soal persiapan festival qasidah tingkat nasional di Ambon akhir tahun, sekitar bulan November yang tanggalnya belum tau kapan,”akui Musaad.

Pertemuan juga menyinggung soal pembentukan panitia daerah dan pusat.

Dari hasil pertemuan kata Musaad, akan disampaikan Walikota Ambon melalui koordinasi dengan Gubernur Maluku agar nantinya mendapat dukungan penuh dari Gubernur.

“Pertemuan nantinya akan dikoordinasikan pak Wali dengan Gubernur agar tahun ini, bulan November itu Kota Ambon dijadikan tuan rumah even pelaksanaan festival qasidah t nasional yang dilaksanakan LASQI,”ujar Musaad.

Dalam pertemuan lanjut Musaad mendapat respon positif, bahkan Walikota juga sangat mendukung dengan sepenuh hati.

Bahkan Walikota juga menilai dari sisi even tersebut dilaksanakan, secara keuntungan dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan warga Kota Ambon dan religius citivitas.

“Dari sisi even, beliau (Walikota) melihat dari sisi pelaksanaanya, itu banyak peserta lomba dari seluruh Indonesia akan datang berbodong-bondong di Ambon dari aspek peningkatan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan ekonomi warga akan terdongkrak dari sisi perputaran ekonomi dan religius citivias juga pasti lancar.

Bahkan disamping meningkatkan kesejahteraan warga kota juga menunjang konsep Kota Ambon sebagai kota musik yang saat sedang digodok.

Sementara dari sisi dukungan Kemenag sendiri lanjut Musaad, pihaknya juga memberikan dukungan penuh pelaksanaan even nasional di Maluku termasuk lomba Qasidah.

Mengingat even tersebut merupakan even keagmaan dibidang seni kata Musaad, seharusnya mendapat perhatian dan prioritaa semua pihak dan bukan hanya dari pihaknya.

“Kalau pak Walikota sudah nyatakan dukungan, sudah pasti dukungan yang sama juga datang dari pak Gubernur kita,”ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Kabag TU Kanwil Kemenag Jamaludin Bugis yang mengatakan, pertemuan dalam rangka rapat konsulidasi pementapan persiapan LASQI nasional di Kota Ambon sebagai tuan rumah.

“Yah respon Walikota sangat positif sekali, beliau akan mendukung dengan mengfasilitasi semua fasilitas pendukung lomba, beliau sebagai tuan rumah sangat merespon itu,”katanya.

Sebaliknya selaku Ketum LASQI pusat sangat antusias dengan apa yang disampaikan Walikota Ambon yang telah memberikan dukungan atas fasilitas lomba yang akan disiapkan Kota Ambon.

Bahkan secara internal Kemenag lanjut Bugis, dukungan tersebut akan dijadikan sebagai langkah maju untuk berbagai kesiapan terhadap lomba itu sendiri.

Dengan melakukan berbagai koordinasi terhadap kesiapan kegiatan yang rencanya akan dibuka oleh Presiden Jokowi.

Untuk mengsukseskan sekaligus mendukung even tersebut sekaligus Ambon sebagai kota musik lanjut Bugis, bahwa selaku Kemenag pihaknya akan melakukan berbagai sosialisasi lewat publikasi media baik cetak dan elektronik, karena even tersebut merupakan hajat kita bersama oran Maluku.

Reporter : Gali M

Editor : Redaksi

Check Also

Ini Pesan Gubernur Saat Pentabisan Gedung Gereja Elim,Hunuth Durian Patah 

AMBON,N25NEWS.com-Gedung Gereja Elim Jemaat GPM Hunuth Durian Patah.Klasis Pulau Ambon Utara,Minggu 20/12/2020).ditabiskan dan diresmikan. Prosesi …