Home / Maluku / Kodam Pattimura Dampingi Warga Suku Mausu Ane

Kodam Pattimura Dampingi Warga Suku Mausu Ane

AMBON,N25NEWS.COM – Setelah kejadian bencana kelaparan yang melanda warga Suku Mausu Ane di pedalaman hutan Pulau Seram, Maluku Tengah, Kodam XVI/Pattimura melalui Satgas Penanggulangan Bencana Suku Mausu Ane  terus memberikan pendampingan melekat terhadap warga Suku Mausu Ane.

Persoalan pola hidup yang tak beraturan dan tidak sehat diubah secara perlahan melalui pendampingan oleh Satgas TNI dan Ibu-Ibu Persit Koramil 1502-05/Wahai. Selain itu, Kodam XVI/Ptm juga harus melakukan sejumlah peningkatan kualitas infrastruktur di kamp Penampungan, di Dusun Siahari, Desa Morokay, Kabupaten Malteng sepertitempat penyimpanan bahan makanan,  dapur memasak, tempat belajar, kamar mandi, MCK, penampungan air bersih, saluran air bersih dan Pelayanan Kesehatan.

Pendampingan dilakukan juga oleh sejumlah tim yang terdiri dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Kementerian Pertanian.

Persoalan bahasa dengan ragam dialek pun kerap kali menyulitkan dalam melakukan edukasi dan sosialisasi terhadap masyarakat, tapi Satgas TNI dan ibu-ibu Persit Koramil 1502-05/Wahai telah menyusun strategi edukasi dan sosialisasi yang mudah dimengerti warga suku Mausu Ane.

Peningkatan infrastruktur dan edukasi kepada masyarakat Suku Mausu Ane agar bisa memperoleh kualitas hidup yang lebih baik sangatlah penting.

Hal itu diungkapkan oleh Komandan Satgas Penanggulangan Bencana Suku Mausu Ane (Dandim 1502/Masohi) Letkol Inf Hari Sandhi Chrishandoko yang mengatakan “Kami akan selalu melakukan pendampingan dan evaluasi kepada masyarakat Suku Mausu Ane, karena mereka tidak akan kami tinggalkan begitu saja”.

Oleh : Pendam16

About admin

Check Also

Gelar Aksi Amal untuk Lombok, FSLDK Salurkan donasi Melalui PKPU Maluku

AMBON,N25NEWS.COM – FSLDK (Forum Silahturahim Lembaga Dakwah Kampus) provinsi Maluku, Kammi (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim …