Home / Pemerintahan / Komitmen Maluku diluncurkan dalam Roadmap

Komitmen Maluku diluncurkan dalam Roadmap

AMBON,N25NEWS.COM – Sebagai bentuk dukungan terhadap komitmen Indonesia terhadap capaian pembangunan rendah emisi dan tanggung terhadap dampak negatif perubahan iklim, pemerintah provinsi Maluku meluncurkan dokumen ‘Roadmap mitigasi dan adaptasi perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan’ (Roadmap MAPI-PB).

Dihadiri oleh Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan ( KLHK ), Kementerian Dalam Negeri, Pimpinan Daerah dari 11 Kabupaten/kota, akademisi , LSM serta pihak swasta menyaksikan rumusan dokumen niatan kontribusi nasional (Nationally Determine Contribution /NCD) yang oleh berdasarkan persetujuan Paris dapat menurunkan emisi sebesar 29 % pada 2020 dengan usaha sendiri serta 41 % dengan bantuan internasional.

Untuk itu sebagai langkah nyata implementasi daerah, akhirnya disusun sebuah NCD Subnasional di tingkat provinsi.

Salah satunya Provinsi Maluku menunjukan kontribusinya melalui rumusan NCD kini akan dijadikan sebagai acuan dalam pengorganisasian sebuqh kegiatan yang berlandaskan tujuan pembangunan yang berkelanjutan.

Sebelumnya, Gubernur Maluku Non, Said Assagaf katakan roadmap MAPI-PB memberi arah kebijakan pemerintah di seluruh satuan baik Pemda maupun kota /kabupaten dapat dikembangkan dalam adaptasi dampak perubahan iklim ini.

Dokumen Roadmap MAPI-PB periode 2018-2030 telah menyajikan hasil indentifikasi modalitas, prosedur, arah kebijakan, strategi implementasi serta tata waktu dalam upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim provinsi Maluku.

Disampaikan pula oleh Manager Regional Maluku Program USAID APIK , Willy Wicaksono katanya, peluncuran Roadmap MAPI-PB ini juga merupakan upaya sosialisasi bagi pemerintah kota / kabupaten termasuk juga di dunia usaha agar mulai mengadopsinya dalam perencanaan program serta kegiatan mereka.
(Aris Wuarbanaran)

About admin

Check Also

Yasin Payapo Buka Kegiatan Uji Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

SBB,N25NEWS.COM – Bupati Seram Bagian Barat Drs. M Yasin Payapo, M.Pd membuka dengan resmi kegiatan …