Home / Kesehatan / Komix Jadi Pintu Masuk Anak Muda Konsumsi Narkoba

Komix Jadi Pintu Masuk Anak Muda Konsumsi Narkoba

AMBON,N25NEWS.COM – Dalam serah trima jabatan di Kantor BPOM Ambon, mantan kepala Balai POM Ambon, Sandra Lintin, mengakui, dirinya melihat bahwa saat ini semakin banyak penyalahgunaan obat Contohnya, obat komix.

Iapun menjamin bahwa sepeninggal dirinya BPOM Ambon,dengan pimpinan barunya akan tetap intensif meminimalkan penyalahgunaan terhadap obat komix di Maluku, walaupun sebenarnya komix adalah obat legal yang boleh dijual bagi masyarakat, namun demikian ini menjadi pintu masuk untuk anak-anak muda di Maluku mengkonsumsi narkoba.

Untuk itu kata Sandra,Badan POM Ambon akan mengelemenir secara intensif  penyalagunaan obat-obat melebihi dosis dengan memberdayakan masyarakat.

“Terkait Komix kalau digunakan dalam dosis yang wajar, itu tidak masalah, tapi dengan dosis yang tidak wajar yaitu mencapai 50 – 100 lebih kali lipat, hal ini bisa menyebabkan efek seperti narkoba,’ujar mantan Kepala Badan POM Ambon ini.

Saat ditanya mengenai sanksi yang diberikan kepada produk ini, Sandra Lintin menjelaskan bahwa sanksi itu kadang-kadang tidak langsung pada efek jera karena pihaknya mempunyai SOP. Jadi lebih dulu pembinaan, kemudian memberikan peringatan, karena di perlukan  adanya kesadaran yang tumbuh dari mereka.

“Kami punya monitoring efek samping, baik terhadap obat, kosmetik dan terhadap makanan, Memang komix ini telah melalui  riset dari industri akanTetapi dalam perjalanannya untuk beberapa tahun ini ternyata menimbulkan efek samping yang  lebih besar dari manfaatnya. Maka, Badan POM melalui kajian menariknya dari peredaran,”Ujarnya.

About admin

Check Also

Kerjasama Dinkes Kota Ambon Dengan Japan Foundation Dalam Mengeliminasi Kusta

AMBON,N25NEWS.COM – Kedatangan rombongan The Japan Foundation dibawah pimpinan Yohei Sasakawa guna menjalin kerjasama dengan …