Home / Maluku / Komoditi Ekspor Maluku Tembus Pasar Internasional

Komoditi Ekspor Maluku Tembus Pasar Internasional

AMBON,N25NEWS.COM-Keberhasilan untuk meraih devisa dari sektor ekspor selama ini tidak terlepas dari peranan ynag dimainkan oleh para pelaku ekspor termasuk stakeholder yang berperan penting menciptakan produk-produk unggulan daerah yang bermutu dan berkualitas maupun perusahaan penyedia jasa transportasi dan pelabuhan dan kerja sama yang erat dengan pemerintah.

Hal ini disamapaikan dalam sambutan Plt Gubernur Maluku Zeth Sahuburua yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku Hamin Bin Taher pada acara Bimbingan Teknis Menghadapi Tantangan Menembus Pasar Ekspor  tahun 2018,yang bertempat di Hotel The City,kamis (19/04/2018).

Disampikan Sekda untuk mendorong peningkatan ekspor di Provinsi Maluku maka Pemerintah Daerah sudah bertekad terus untuk memberikan kemudahan perizinan akses yang lebih terbuka dan fasilitas ekspor yang lebih memadahi.Hal itu dimaksudkan agar ekspor kita secara terus-menerus mengalami peningkatan sehingga semua komoditi harus kita tampilkan di pasar Internasional.

Diakuinya bukan tidak mungkin kita akan mengembangkan produk-produk hasil industri Maluku untuk berkompetisi di pasar Global.Oleh karena itu orientasi eksor harus terus ditumbuh kembangkan baik oleh Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat dengan terus membangun sinergitas sehingga mampu memberikan arah kebijakan terhadap percepatan pertumbuhan ekonomi  daerah.

Oleh karena itu semangat kita untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan infrastruktur maupun penunjang ekspor lainnya telah menunjukan sebuah kemajuan yang cukup berarti  yang ditandai dengan dilakukannya Direct Export (ekspor langsung) dari pelabuhan Ambon sejak 3 bulan terakhir selama tahun 2018,memberikan gambaran kepada kita bahwa ekspor Maluku semakin maju dan Berjaya.

Kegiatan yang dilakukan ini hendaknya menjadi sebuah pembelajaran yang sangat baik dan penting bagi dunia usaha terutama para eksportir di Maluku agar dapat memahami dan mencermati pentingnya dilakukan Bimbingan Teknis Penanganan Hambatan Pedaganagan di Maluku segingga ekspor dapat mengantisipasi  berbagai hal yang menghambat pelaksanaan ekspor. (Aris Wuarbanaran)

About admin

Check Also

Sadli Lie : Penanaman Pohon Untuk Mencegah Metigasi dan Perubahan Iklim

AMBON,N25NWS.COM-Peliara pohon ini adalah salah satu tindakan yang diprakarsai oleh tim penggerak PKK Provinsi Maluku …