Breaking News
Kepala BPBD Provinsi Maluku,Farida Salampessy

Kompleks Kampus IAIN Ambon Masih Rawan Longsor

AMBON,N25NEWS.COM-Terjadinya pergeseran tanah atau longsor yang terjadi kompleks Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon,hingga menyebabkan rusaknya beberapa gedung akibat hujan deras yang mengguyur Kota Ambon dan sekitarnya.

Akibat dari bencana diatas maka,Pemerintah Provinsi Maluku melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku,telah mendatangkan Tim dari Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Metigasi Bencana Geologi (PVMBG) dari Bandung yang telah melakukan penelitian di kampus IAIN Ambon.

Kepada awak media Kepala BPBD Provinsi Maluku,Farida Salampessy meengatakan bahwa,”Terkait dengan IAIN itu sudah ada penelitian dari Badan Geologi Bandung yang mana hasil penelitian  itu ada kemungkinan beberapa gedung juga akan menagalami keretakan tanah,”kata Salampessy di Kantor Gubernur Maluku,senin (17/6/2019).

Kemudian menurut dia, nanatinya hasil akhirnya setelah 1 minggu penelitian dan  juga ada hasil rekomendasi yang ditetapkan untuk bagaimana tindak lanjut apakah proses perkuliahan tetap di lokasi yang yang sama atau kah nanti ada alternative-alternaif yang lain.

Baca juga :   LAMI Minta KPK Usut Satker Proyek Irigasi Waibobi

“Saya pastikan bahwa,jika hasil penelitian sudah keluar dan mengatakan kampus IAIN kondisi tanahnya tidak layak lagi maka,mau tidak mau lokasinya akan dipindakan,sebab kedepan jangka pendeknya saja tidak boleh,apalagi jangaka panjangnya,”jelanya.

sementara itu,kondisi yang terjadi ini kemungkinan diprediksi ada keretakan lanjutan dan memang  berdasarkan hasil penelitian sementara saja ada pergeseran-pergeseran tanah terus.

“Saya ingatkan bahwa ini kan baru awal musim penghujan yang mana nanti puncaknya pada bulan Juli dan Agustus berarti akan lagi bertambah keretakan yang lebih parah lagi,makanya harus ada pengamanan.Tetapi kita bersyukur selama terjadi bencana belum ada korban jiwa,”tandasnya.

Reporter         : Aris Wuarbanaran

Editor             : Redaksi

 

About admin

Check Also

50 Anak Dari 7 Kabupaten/Kota Ikut Workshop Forum Anak Maluku

AMBON,N25NEWS.COM-Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Maluku,Megi Samson mengatakan,kegiatan Workshop kepada anak Maluku …