Home / Agama / Kondisi Membaik, Satu CJH Kloter Ambon Baru Diberangkatkan

Kondisi Membaik, Satu CJH Kloter Ambon Baru Diberangkatkan

AMBON,N25NEWS.COM – Kondisi terakhir Calon Jamaah Haji (CJH) asal Maluku yang sementara ini masih menjalankan ibadah haji di Tanah Suci Mekkaah semuanya masih  dalam kondisi baik.

Kepada wartawan di Ambon, Jumat kemarin Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, Fesal Mussad mengatakan, bahwa kondisi terakhir dengan CJH yang berjumlah 1.070 jemaah yang berada di tanah suci Mekkah semuanya dalam keadaan baik-baik. Sementara satu CJH kloter 10 asal Kota Ambon yang sempat tertunda keberangkatannya lantaran sakit, kini kondisinya sudah membaik, hari ini, Senin(6/8/2018) diberangkatkan bergabung dengan kloter 21 asal Gorontalo.

“Jadi kita harus bersyukur bahwa kondisi  CJH kita di Tanah Suci Mekkah semunya dalam kondisi kesehatan baik,” akuinya.

Menurutnya, kebarangkatan CJH Maluku dari Makassar menujuh Tanah Suci semuanya sudah diberangkatkan, hanya tinggal satu CJH sajalah yang belum diberangkatkan karena terkendalah dengan kondisi kesehatan CJH tersebut.

“Satu orang CJH asal Maluku yang belum diberangkatkan ini atas nama,Nurhayati Wance asal Jamaah Kota Ambon,” ujarnya.

Kata Musaad, Nurhayati Wance, belum diberangkatkan ke tanah suci, karena yang bersangkutan sakit dan sementara dalam perawatan atau pengobatan di RS Wahidin Makasar..

“Namun saat ini kondisi kesehatannya sudah mulai membaik,  Olehnya itu (Nurhayati Wance-Red)  bakal akan diberangkatkan dalam waktu dekat ke tanah suci mekkah dengan rombangan CJH lainnya,”katanya.

Untuk itu pihaknya bakal berkoordinasi dengan pihak PPIH embarkasar Makasar sehingga yang bersangkutan (Nurhayati Wance-Red) ini akan diberangkatkan dalam waktu singkat dengan Kolter asal Gorontalo yang merupakan Kolter terakhir yang berangkat melalui Bandara internasional Hasanudin Makasar.

“Ini merupakan catatan bagi kami, sehingga kedepan dari Dinas Kesehatan harus betul-betul proaktif dalam pemeriksaan kesehatan Jamaah, jangan asal jadi misalnya pemeriksan tidak layak tapi tetap diloloskan. Olehnya itu pemeriksaan harus betul-betul jujur dan transparan oleh Dinkes agar pengalaman tahun tidak akan lagi terjadi dimasa-masa yang akan datang,” harapnya.

Baca juga :   GPII Pertanyakan 1,8 Milyar Anggaran Pembangunan Kantor MUI SBB

Sementara itu Kabid PHU Kanwil Kemenag Maluku Yamin S.Ag yang dihubungi via selulernya mengakui, berdasarkan perintah Kakanwil Kemenag Maluku saat ini dirinya sedang berada di  Makasar untuk melihat secara dekat kondisi  ibu Nurhayati dan kini sudah membaik  setelah mendapat perawatan medin dari pihak RS Wahidin Makasar.

Selanjutnya menuju asrama haji Sudiyan Makasar untuk menjalani persiapan keberangkatan dengan kloter 21 asal Provinsi Gorontalo yang berangkat melalui transit Bandara Internasional Hasanudin Makasar pada hari ini, Senin(6/8) dengan menggunakan maskapai penerbangan Garuda Indonesia Airlines (GIA) sekitar pukul 14.00 WITA langsung menuju bandara internasional Madina Arab Saudi.

Oleh : Gali Markalin

About admin

Check Also

Dipastikan Oktober Kantor Kemenag Pinda Lokasi, Menag Canangkan PTSP

AMBON,N25NEWS.COM –Dipastikan di bulan Oktober 2018 mendatang ini, Kantor Kementerian Agama Provinsi Maluku yang sementara …