Kontribusi Koperasi Pada PDB Nasional Naik 0,49 Persen

AMBON,N25NEWS.COM – Kontribusi koperasi terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) nasional tahun 2017 diperkirakan mencapai 4,48 persen atau meningkat sebesar 0,49 persen.

Berbeda dengan tahun sebelumnya ditahun 2016 berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM RI maupun BPS yang telah diolah kontribusi koperasi terhadap PDB Nasional hanya mencapai 3,99 persen.

Hal ini disebutkan dalam sambutan Menteri Koperasi dan UKM RI yang disampaikan melalui Sekertaris Kota Ambon, A.G Latuheru dalam peringatan ke-71 tahun Koperasi yang digelar, Sabtu (21/07/18) di Kota Ambon.

Terkait pencapaian tersebut diakuinya sebanyak 152.174 unit koperasi aktif dan 80.008 unit koperasi yang telah melaksanakan RAT telah memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan perekonomian nasional.

“Anggota Koperasi yang telah direkrut juga kini jumlahnya mencapai 26.805.924 orang, ditambah total ekuitas modal sendiri koperasi kini mencapai Rp.165,88 Trilyun sedangkan untuk modal yang berasal dari luar koperasi mencapai Rp.28,23 Trilyun,”tandasnya.

Adapun upaya strategis pemberdayaan koperasi disebutkan telah dilakukan Kementerian Koperasi dan UKM RI melalui program reformasi koperasi mencakup rehabilitasi, reorientasi dan pengembangan koperasi.

“Untuk itu pemerintah akan terus hadir dan berkomitmen dalam membina koperasimelalui berbagai kebijakan dan program,” katanya.

Kebijakan utama pemerintah tersebut digelar sebagai upaya menciptakan iklim dan kondisi yang mendorong pertumbuhan dan pemasyarakatan koperasi baik di daerah, kabupaten maupun kota.

Menutupnya, Latuheru menyampaikan upaya pemerintah kemudian memberikan kemudahan dan memperkokoh permodalan koperasi melalui lembaga keuangan yang ada saat ini diantaranya Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) dan Pusat Investasi Pemerintah (PIP) yang telah mengeluarkan Kredit Ultra Mikro kepada koperasi.

Check Also

Walalayo Ajak Masyarakat Dukung Surat Edaran Walikota Ambon Tentang Wajib Gunakan Masker

AMBON,N25NEWS.com-Aktivis muda Maluku asal Pulau Seram,Joses Santos Walalayo mengajak warga Kota Ambon untuk mendukung surat …