Home / Ekonomi / Kota Ambon Dan Tual Jadi Tren Inflasi Terbaik

Kota Ambon Dan Tual Jadi Tren Inflasi Terbaik

AMBON,N25NEWS.COM – Sejak lima tahun terakhir, tren inflasi di Maluku menunjukan angka lebih baik.

Hal ini kemudian dibuktikan melalui sistem kerja sama kelompok tani yang sejak 2014 lalu di budidayakan oleh adanya Program Prioritas Bank Indonesia.

Disinyalir, tren inflasi membaik ditunjukan oleh Kota Ambon dan Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara.

Diakui oleh Kepala Bank Indonesia, Bambang Pramasudi dihadapan ke 12 kelompok tani, yang baru saja dilantik, Rabu (14/03/18) tepatnya di Desa Waiheru, Kecamatan Baguala, Kota Ambon.

Menurut Pramasudi, tren inflasi yang kemudian di temui pada dua kota tersebut rupanya mulai memberikan dampak yang positif bagi pertumbuhan ekonomi Maluku.

“Akan tetapi kemudian, inflasi yang terjadi sebelumnya barulah kita ketahui. komunitas penyebab inflasi di Maluku naik terdapat pada beberapa bahan pangan seperti Sayur Mayur,” pungkasnya.

“Produk pertanian kita seperti sayur mayur saja kita datangkan dari Sulawesi. Baik itu Sulawesi Tenggara ataupun Sulawesi Utara,” tambahnya.

Dirinya mengakui pula, sejak tahun 2014, pihak mendorong budidaya kelompok tani produksi sayur.

Hal ini di kemudian didorong oleh pihaknya dibarengi dengan issue indikasi panen.

“Panen produksi Sayur Mayur kita di Kota Ambon banyak, akan tetapi pasokannya di ekspor ke daerah luar Maluku seperti Wilayah Papua. Sebab di pikirnya kalau dijual keluar nilai jualnya lebih tinggi. Sedang Kota Ambon saja masih kurang pasokannya. Akibatnya inflasi pasokan produksi tani seperti sayur yah masih terbilang tinggi,” tandasnya.

Untuk itu, dirinya berharap usai dikukuhkannya ke 12 kelompok tani pada desa Waiheru ini, produksi kebutuhan pokok sayur mayur kita lebih meningkat pasokannya.

“Hasil panennya pula alangkah baiknya, di jual ke Kota Ambon saja, tak perlu dijual keluar, mengingat hal ini kemudian mempermudah penyuplai nya dalam menurunkan angka inflasi tinggi di Maluku,” tutupnya.  (Amy Latuny)

About admin

Check Also

KSOP Tegaskan PELNI Tidak Jualan Tiket di Pelabuhan Oleh : Gali Markalin

AMBON,N25NEWS.COM – Menjelang arus mudik lebaran Kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Klas I A …