KPP Pratama Ambon Dan Kanwil DJP Papua-Maluku Gelar Pekan Panutan Pajak

AMBON,N25NEWS.com-Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Ambon dan Kanwil DJP Papua dan Maluku,menggelar acara Panutan Pajak,yang bertempat di Aula Gedung Keuangan Ambon,selasa (3/3/2020).

Kepala kantor KPP Pratama Ambon, I Made Agus Hari Sentana menyampikan,hingga saat ini wajib pajak (WP) yang terdaftar di kantor Pajak Pratama Ambon, sebanyak 249.047, dengan jumlah WP yang melapor SPT  94.726 orang.Wajib pajak yang melapor di  tahun 2019 sebanyak 75.114 atau 80,29 persen.

” Besar harapan kami agar kegiatan ini dapat berjalan sukses dan lancar serta menjadi panutan untuk sejumlah warga masyarakat ,khususnya Maluku serta menjadikan daerah ini taat pajak ” katanya .

Saat ini SPT tahunan dapat dilakukan melalui E- Filing,sehingga wajib pajak tidak perlu lagi mengantri di kantor pajak dan cukup menggunakan gadget serta bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Ditempat yang sama ,Kepala Kantor Wilayah DJP Papua- Maluku,Arridel Mindra menyampaikan,kegiatan ini dilakukan setiap tahun,karena pajak yang didapat negara merupakan hasil kerjasama semua pihak sehingga dapat berjalan dengan baik.

“Kita ketahui pajak programnya dilakukan setiap tahun karena,prosesnya  adalah kebersamaan dan gotong royong”jelas Mindra.

Sementara itu,Gubernur Maluku,Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan ,Ekonomi dan Keuangan ,Margaretha Samson ,mengatakan pajak mempunyai peran yang sangat vital dalam mendukung pendapatan nasional  yang berasal dari penerimaan dengan menyumbang hampir 80 persen  dari seluruh penerimaan negara .

“Idelany APBN atau APBD sepenuhnya dibiayai dari penerimaan pajak.Hal ini Karan peranan perpajakan nasional terhadap APBN kurang lebih 80 persen” ujar Samson.

Menurut gubernur ,uang pajak juga digunakan untuk kepentingan pemerintah daerah yang terwujud dalam pembagian dana transfer ke daerah, dalam bentuk Dana Alokasi Umum( DAU) dan Dana Alokasi khusus( DAK) serta dana desa (DD).

Selaku kepala daerah ,dirinya sangat mengharapkan partisipasi aktif seluruh warga negara baik itu ASN, TNI/POLRI untuk taat pajak.

Adapun,pada kesempatan itu juga dilakukan MoU  antara Kanwil DJP Papua – Maluku dengan Universitas Pattimura,serta pengukuhan Relawan Pajak yang berasal dari mahasiswa Universitas Unpatti dan Universitas Kristen Indonesia Maluku  (UKIM).

Reporter          : Aris Wuarbanaran

Editor              : Redaksi

Check Also

PT.Tridharma Adigraha Bersama PT.Suzuki Indomobil Sales Resmi Luncurkan Suzuki XL7

AMBON,N25NEWS.com-PT.Suzuki Indomobil Sales (SIS) bekerjasama dengan PT.Tridharma Adigraha,selaku Dealer resmi Suzuki di Provinsi Maluku,resmi dan …