Laboratorinum Balai POM Di Ambon Sebagai Supporting Uji Covid-19

AMBON,N25NEWS.com-Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Ambon Dra.Hariani Apt mengatakan,Laboratorium di Ambon sebagai supporting uji Covid-19,dimana Balai POM Ambon akan terus memberikan kontribusi terbaik yang diberikan agar pandemik Covid-19 segera berakhir.

Menurut Hariani peran nyata BPOM di Ambon dengan ikut berperan aktif dalam penanganan pandemi Covid-19 perlu tentunya didukung oleh pemerintah daerah untuk membuat kebijakan yang linear dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan serta tentu peran masyarakat untuk mematuhi setiap kebijakan yang dibuat demi kebaikan bersama.

Adapun,pandemi Covid-19 tidak hanya membuat Indonesia siaga,namun membuat dunia global mengarahkan segala kemampuan untuk percepatan penanganannya.

Selain itu,berbagai upaya dilakukan untuk meminimalkan penyebaran dan dampak yang diakibatkan oleh pandemi ini.

Adapun,upaya itu diantaranya melalui peningkatan jumlah pengujian sweb dengan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) karena semakin cepat dan tepatnya pengujian ini akan menjadi kunci dalam penanggulangan Covid-19.

Uji PCR merupakan uji konfirmasi posetif terhadap hasil uji posetif dari rapit test kit Covid-19 dari pasien yang diduga terpapar virus SARS-CoV-2 sebagai virus penyebab penyakit Covid-19.

“Kami sebagai anggota tim pengarah dan tim pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19,Badan POM melalui Pusat Pengembangan Pengujian Obat dan Makanan Nasional (PPPOMN) dan 21 Balai besar/Balai POM yang memiliki alat RT-PCR disediakan untuk membantu percepatan pengujian Cobid-19 di daerah,”jelas Hariani.

Sementara itu,Balai POM Ambon termasuk satu dari 5 laboratorium Badan POM telah melakukan pengujian Covid-19 dengan kapasitas pengujian spesimen Covid-19 sebanyak 150 sampel/hari.

Sedangkan Balai POM Ambon dengan RT-PCR yang dimiliki menjadi laboratorium supporting bagi Balai Teknik Lingkungan Hidup dan Pengendalian Penyakit (BTKL PP) Kelas II Ambon hingga hari ini (28/5) dan telah menguji sebanyak 153 sampel ekstraksi RNA spesimen SARS-CoV-2.

“Harapan kita bersama,penyebaran virus Covid-19 ini menurun atau dapat dihentikan sehingga aktivitas dapat kembali berjalan normal dalam tatanan perilaku/budaya yang baru-new normal,”tandas Hariani.

Editor : Aris Wuarbanaran

 

Check Also

BPOM Tetap Intensifkan Pengawasan Makanan Ditengah Wabah Covid-19

AMBON,N25NEWS.com-Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan tetap mengintensifkan pengawasan pangan dan produk yang beredar …