Home / Kota Ambon / Sejumlah 355 Ikan kaleng Berparasit cacing Di Amankan Satgas pangan Maluku

Sejumlah 355 Ikan kaleng Berparasit cacing Di Amankan Satgas pangan Maluku

AMBON,N25NEWS.COM – Setelah diamankan 124 sarana dengan temuan parasit cacing pada 355 ikan makarel kaleng, lagi-lagi oleh Tim Satgas Pangan Polda Maluku telah Hari ini temukan 1 bets dengan banyaknya mencapai 336 kaleng.

Sehingga total temuan yang di amankan oleh Tim kini mencapai 670 kaleng Ikan Makarel Kaleng.

Hal ini di akui oleh Pelaksana Tugas, Balai POM Ambon, Efraim Suru saat menggelar konferensi pers, Jumat (06/04) Pada Lingkup Polda Maluku.

Dijelaskannya bahwa, Kemarin baru saja dilakukan pengujian terhadap 16 merek yang terdiri dari 30 bets. Dan ini khusus pengujian yang dilakukan di kota Ambon.

“Dari 16 merek ini, kemudian terdapat 3 merek yang kita temukan mengandung parasit cacing. Ketiga merek Ikan Makarel ini kemudian terdiri dari 34 bets,” bebernya.

Terkait penemuan kandungan parasit cacing ini, pihaknya kemudian menjelaskan lagi, Ikan Makarel Kaleng tidak semua bets mengandung parasit cacing.

“Ada bets-bets tertentu saja yang terkena dampaknya. Sekalipun seperti demikian, kita akan tetap memantau, menarik dari pelaku usaha sampai pada tahap pemusnahan,” papar Efraim.

Adapun produk Ikan Makarel Kaleng yang dinyatakan positif Parasit Cacing diantaranya Maya Makarel, Botan Ikan Makarel serta Canning Makarel.

“Jadi untuk produk dengan Bets mengandung cacing yang di temukan di Kota Ambon sudah ditarik. Kemungkinan produk yang positif itu disebabkan dari bahan baku,” pungkasnya.

Dengan temuan ini, pihaknya sudah melaporkan ke Pusat dan telah diteruskan kepada produsennya agar dapat melakukan penarikan terhadap produk yang sudah tersebar di sejumlah wilayah.

“Iya diharapkan kepada produsen maupun pedang yang menjual produk ikan dengan Bets yang ditemukan positif mengandung cacing agar tidak menjual dan segera menyerahkan kepada BPOM Ambon,” tutupnya. (Jojo)

Baca juga :   Setahun, Ini Prestasi Yang Diraih Richard-Syarif

 

About admin

Check Also

Setahun, Ini Prestasi Yang Diraih Richard-Syarif Oleh : Amy Latuny

“Melalui capaian selama setahun kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Ambon, Richard Louhenapessy -Syarif Hadler setidaknya …