Breaking News

Lagi, Julukannya ! Ambon Bakal Jadi Kota Literasi

AMBON,N25NEWS.COM – Selain lahir sebagai Kota Musik, bahkan Kota Musik Dunia, Kota Ambon juga ternyata akan ditambah lagi julukannya.

Ya, Kota Ambon Bakal Jadi Kota Literasi.

Pengembangan literasi tidak hanya di lakukan pada sekolah formal dan non formal saja, akan tetapi masyakarat juga pun membutuhkan sebuah literasi guna mengembangkan pengetahuan nya.

Untuk maksud itulah, Sinergitas Pemerintah Kota Ambon dengan menggandeng Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Wilayah Kota Ambon akhirnya mencanangkan programnya yakni Ambon Gemar Membaca.

Melalui sinergitas ini, pemerintah kota Ambon lalu menyiapkan Kota dengan Julukan Manise ini sebagai kota literasi sebagai bentuk upaya ditahun 2018 ini.

Hal itupun kemudian dibenarkan oleh Kepala Perpustakaan Nasional Indonesia, Muh Syarif Bando pada pencangan Ambon Gemar membaca Kamis lalu (08/03) yang bertempat di Ballroom Maluku City Mall, Tantui, Kota Ambon.

Oleh Syarif Bando, dikatakan kalau untuk sekolah kegiatan literasi dilakukan melalui berbagai kegiatan di antara membaca buku selama 15 menit sebelum pelajaran di mulai hinga pelatihan menulis untuk siswa. sedang literasi di tengah masyarakat merupakan upaya meningkatkan budaya baca dilakukan dengan membuat pondok baca bagi masyarakat di satu desa.

”Literasi pula dijadikan sebagai sebuah daya ukur kemampuan seseorang dapat memahami serta dapat berinovasi akan ide dan gagasan baru untuk dapat mengembangkan Daeranya,” pungkasnya.

Untuk itu program literasi ini merupakan sebuah aksi untuk membawa kota Ambon sebagai Kota berdaya saing dengan penguasaan pokok dasar litarasi yakni baca, tulis berhitung, sains, teknologi, informasi, komunikasi, keuangan, serta budaya dan kewenangan.

“Disamping itu, literasi juga bisa menjadi suatu senjata kesejahtraan dalam suatu pertumbuhan perekonomian dalam kemakmuran bagi Kota Ambon dan anak-anak kita yang ada di Daerah,” tandasnya.

Terkait hal itu, Walikota Ambon mengakui pengetahuan tidak datang dengan sendirinya tetapi dengan membaca kita peroleh pengetahuan yang kemudian menyalurkannya ke Kota Ambon menjadi Kota yang sejahtera dan makmur kedepannya.

Walikota Ambon pun menaruh harapan besar bagi masyarakat kota Ambon agar selalu memanfaatkan setiap perpustakaan untuk menjadi sumber pengetahuan bagi anak-anak daerah.
(Grace Pello)

About admin

Check Also

Kunker Bupati dan Kadis Dikbud di Kei Besar,Masyarakat Apresiasi Program-Program Pendidikan

MALRA,N25NEWS.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maluku Tenggara  melakukan kunjungan kerja di kepulauan kei …

×

N25NEWS.com