Home / Sosial / Latuconsina : Perempuan Mempunyai Hak Berdemokrasi dan Berpolitik
Ketua Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Provinsi Maluku Olivia Latuconsina

Latuconsina : Perempuan Mempunyai Hak Berdemokrasi dan Berpolitik

AMBON,N25NEWS.COM-Ketua Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Provinsi Maluku Olivia Latuconsina mengungkapkan pentingnya bagi setiap perempuan yang mempunyai hak berdemokrasi dan berpolitik di daerah ini dan mempunyai peran aktif sebagai peserta maupun yang mensukseskan.

Hal tersebut diungkapkan Latuconsina kepada awak media saat ditemui dirinya di Kantor Gubernur Maluku,senin (10/9/2018).

Lebih lanjut Latuconsina mengatakan,”sebagai ketua Kaukus perempuan Maluku punya kepentingan besar untuk menjadikan makin banyak perempuan ada di Parlemen, 30 persen itu hanyalah bagian dari prasyarat untuk memutuskan langka-langka perempuan yang ada di parlemen,”kata Latuconsina.

Banyak hal pembangunan di daerah khususnya menyangkut kesejahteraan yang belum optimal,itu sebab banyak perempuan itu belum sejahtera,perempuan lebih memahami kepentingan keperluannya dibanding dengan laki-laki,kaum perempuan juga miliki tolak ukur bahwa sejahteranya suatu daerah bila perempuan itu sejahtera.

“Kesadaran politik dari perempuan itu dibutuhkan agar perempuan tidak menjadi kelompok yang di marginalkan dan bukan menjadi warga kelas dua,”jelas Olivia Latuconsina yang juga anggota DPR RI ini.

Jika kaum perempuan memiliki hak dalam hal ini kesetaraan gendre,maka sudah barang tentu kekerasan terhadap peremuan dan anak itu tidak terjadi,sebab untuk orang Ambon itu sendiri sangat menyanjung perempuan dalam hal ini seorang ibu,sanjungan tersebut yang tertuang pada syair-syair lagu sangat menghormati peremuan atau ibu.

Untuk mengatasi permasalahan diatas maka perlu adanya advokasi,lembaga-lembaga LSM Perempuan,Komnas Perempuan dan Instansi terkait,”maksud saya begini sosialisasi UU KDRT itu harus,dan jangan sebatas pengetahuan saja tetapi harus teraplikasi,yang penting kembali kepada diri kita masing-masing kalau kita Berketuhanan,”tandas Latuconsina.

Oleh : Aris Wuarbanaran

About admin

Check Also

Pohon Sagu Di Areal Unpatti Teracam Punah

AMBON,N25NEWS.COM-Pohon Sagu merupakan tanaman lokal yang dapat dijadikan pangan lokal dan menjadi makanan tradisional masyarakat …