Breaking News

Latuheru, Buka Bimtek Implemantasi Gerakan Menuju 100 Smart City Tahap Pertama

AMBON,N25NEWS.COM – Sekertaris Kota Ambon, A.G. Latuheru secara resmi membuka Bimbingan Teknis (BIMTEK) Implementasi Gerakan menuju 100 Smart City tahap pertama yang digelar oleh Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfo) Ambon. Bertempat di Manise Hotel Ambon, Kamis (11/7/2019).

Tujuan dari pada dilaksanakannya Bimtek tersebut adalah merumuskan arah kebijakan dan menganalisis kebutuhan kelembagaan khusus untuk pembangunan Ambon smart city.

Sekretaris Kota Ambon, A.G. Latuheru dalam sambutannya mengatakan, gerakan menuju 100 smart city merupakan program bersama kementerian komunikasi dan informatika, kementerian dalam negeri, kementerian PUPR, Bappenas dan kantor staf presiden.

Ia menyatakan, kegiatan ini bertujuan membimbing kabupaten/kota agar bisa memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah.

Menurut Latuheru, kesiapan Pemerintah kota Ambon secara e-goverment juga telah mendapat apresiasi penting. Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi SPBE yang menempatkan kota Ambon pada posisi 25 besar diantara 514 kabupaten/kota se-Indonesia.

“Dengan demikian Pemerintah Kota Ambon secara perlahan telah mempersiapkan untuk menuju Ambon smart city di tahun 2019, walaupun masih ada persoalan yang perlu dibenahi dab dikembangkan dari sisi kebijakan, infrastruktur, sistem informasi dan SDM,” katanya.

Baca juga :   Walikota Resmi Lantik 4 Organisasi Di Kota Ambon

Ia mengakui, upaya mewujudkan Ambon smart city tidak hanya menjadi tupoksi dinas kominfo saja karena berbicara smart city adalah berbicara tentang berbagai dimensi yang tertuang dalam 6 aspek yaitu: smart governance, smart branding, smart economi, smart society, smart living dan smart enviroment.

“Keenam aspek ini impkemantasi ini ada pad OPD-OPD yang dicerminkan lewat program kegiatan serta kontribusi aktif dari para stakeholder,” ucapnya.

Lanjutnya, kegiatan ini dilaksanakan sesuai isi nota kepahaman bahwa Bimtek ini akan dilaksanakan dalam empat tahapan dengan periode bulan Juli sampi dengan Oktober yang hasil akhirnya dari keempat tahapan itu adalah menghasilkan dokumen master plan smart city kota Ambon dalam buku I, II, dan III.

“Bimtek tahap pertama (I) pada bulan Juli ini dengan agenda dan tujuan yaitu: terselenggaranya bimtek ini untuk menghasilkan buku I master plant smart city kota Ambon sesuai dengan framework kementerian komunikasi dan informatika,” jelasnya.

Ia berharap, seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga mendapatkan output yang bermanfaat bagi Pemkot Ambon. (dd)

About admin

Check Also

Pemkot Gelar Festival Pangan Lokal B2SA Dan Lomba Masak Ikan

AMBON,N25NEWS.COM – Guna menyesatkan konsumsi masyarakat dan mencegah stunting yang berkembang di Kota Ambon, Pemerintah …