Latuheru Buka Sosialisasi Penyusunan APBD Bagi OPD

AMBON,N25NEWS.COM – Sekertaris Kota Ambon, A.G Latuheru secara langsung membuka sosialisasi yang di gelar oleh Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Ambon tentang Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 33 Tahun 2019 tentang, pedoman penyusunan APBD Tahun anggaran 2020 dan untuk menyamakan persepsi terkait penyusunan dan pengelolaan keuangan Daerah Kota Ambon, dimaksud kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemerintah Kota Ambon, bertempat di Marina Hotel Ambon, Selasa (23/07/2019)

Latuheru, dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya aturan yang baru ini, perlu dilakukan penyelarasan dengan kebijakann pembangunan Nasional, dengan dukungan Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Ia menjelaskan, peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 33 Tahun 2019 tentang pedoman penyusunan anggaran pendapatan dan belanja Daerah tahun 2020 adalah pedoman bagi Pemerintah Kota Ambon dalam menyusun APBD tahun 2020 yang menegaskan perlu adanya sinkronisasi kebijakan Pemerintah Daerah yang ditetapkan dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2020.

Lanjutnya, desentralisasi pengelolaan keuangan Daerah merupakan amanat reformasi dibidang otonomi Daerah untuk mewujudkan pengelolaan keuangan yang transparan,akuntabel, dan partisipatif.

“Dengan berbagai regulasi yang ada, pegelolaan keuangan diharapkan agar mulai dari penyusunan dan perencaan anggaran, pelaksanaan dan penatausahaan akuntansi dan pelaporannya semaksimal mungkin berorientasi pada kepentingan publik, pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja,” ungkap Latuheru.

Dalam Permendagri ini, Latuheru menambahkan, terdapat perubahan struktur pendapatan dan belanja daerah, karena itu, setiap OPD diminta untuk lebih memperhatikan tahapan dan jadwal penyusunan proses APBD, pembahasan dan penetapan APBD tahun anggaran 2020.

“APBD tetap diorientasikan pada upaya pemenuhan kepentingan masyarakat. selain itu, penyusunan KUA dan PPAS harus berpedoman pada RKPD tahun 2020 dan proses pembangunan nasional dalam RKPD.dengan memperhatikan pembangunan daerah dan kemampuan keuangan daerah,” paparnya.

Ia juga menghimbau kepada setiap OPD agar secara tepat waktu, dapat menyampaikan laporan APBD semester I sehingga pelaksanaan dan penyerapan anggaran dapat terpantau lebih awal, dalam menentukan langkah-langkah perbaikan kedepan. yang akhirnya dapat memberikan dampak yang positif, sebagai bentuk opini dalam akuntabilitas pelaksaan keuangan Daerah.

Reporter : Mendy S

Editor : Redaksi

Check Also

Beta Sagu Maluku Dukung Agenda Kegiatan Menuju HUT Kota Ambon

AMBON,N25NEWS.com – Dalam rangka memperingati HUT Kota Ambon yang ke444 tahun 2019 ini, Pemerintah Kota …

×

N25NEWS.com