Breaking News

Lestarikan Kearifan Lokal,BPNB Maluku & Malut Gelar Lomba Dayung Semang

AMBON,N25NEWS.com -Berbagai upaya untuk melestarikan kembali kearifan lokal terus dilakukan Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Maluku dan Maluku Utara (Malut), salah satunya melakukan lomba dayung perahu semang.

Untuk tahun 2019 sekaligus mengisi Hari Proklamasi ke-74, lomba dayung yang dikenal dengan lomba manggurebe perahu semang , BPNB mengikut sertakan siswa pelajar tingkat sekolah menengah sederajat dari 11 SMA/SMK dan MA di Kota Ambon dan sekitarnya.

Dengan sorotan tema”Kenali Budayanu Guna Memperkuat Jatidiri dan Krakter Bangsa” lomba dipusatkan di pantai Waimeten Negeri Rumah Tiga Kecamatan Teluk Dalam, Jumat(30/8)

Lomba dengan jarak 500 meter di pantai Waimeten akhirnya dimenangkan SMA Negeri 9 Kota Ambon dengan waktu 4.23 detik dan posisi kedua diraih SMA Negeri 1 Leihitu Barat sedangkan posisi ketiga ditempati SMA Advent Ambon.

Kepala BPNB Maluku dan Malut Rusli Monorek mengatakan, untuk lomba tahun ini, sasarannya lebih ke generasi mudah, khususnya pelajar SMA sederajat diwilayah Kota Ambon dan sekitarnya.

“Memang kesempatan ini, baru ada 11 sekolah yang ikut dalam kegiatan lomba,”ungkapnya.

Bahkan lomba tersebut kata Rusli, dapat mengangkat nilai-nilai budaya, untuk bagaimana pelajar dapat melastarikan kebudayaannya sendiri melalui transpotasi perahu semang yang merupakan sarana tradisional ciri khas orang Maluku.

Meskipun saat ini sudah banyak transpotasi moderen, tapi tidak serta merta harus melupakan apa yang menjadi kearifan lokal orang Maluku.

“Apa yang pernah nenek moyang kita lakukan, ketika itu apa yang mereka gunakan dalam transpotasi laut, sehingga dengan lomba ini generasi mudah kembali kita kenangkan tentang sejarah budaya masa lampau,”ujarnya.

Bahkan dengan lomba juga bagian dari pengenalan nilai budaya dan juga untuk mendorong agar generasi mudah khusunya pelajar dapat lebih mencintai sejaran dan budaya yang ada di Maluku.

Oleh karena itu dirinya berharap agar kedepan lomba tersebut lebih dikembangkan dan dilestarikan, sehingga perlu adanya kerjasama dan perhatian dari Pemerintah Provinsi dan Dinas terkait agar lebih menarik dan bermanfaat bagi kita semua dan wisatawan.

Reporter :Gali M

Editor : Tim

About admin

Check Also

UKM Perkemi Unpatti Ambon Gelar Kejuaraan Shorinji Kempo Antar Dojo Se-Maluku

AMBON,N25NEWS.COM-Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Provinsi Maluku bersama UKM Perkemi Universitas Pattimura (Unpatti) menggelar Kejuaraan …