Breaking News

Lewat Kultum, Kakanwil Beri Tips Praktis Tingkatkan Disiplin Kerja Dalam Bulan Suci Ramadhan

AMBON,N25NEWS.COM – Bulan Suci Ramadhan 1440 H/2019 M sebagai bulan mendulang amal ternyata tidak hanya mendatangkan pahala. Terdapat manfaat lain dari Rukun Islam ke 4 ini dalam meningkatkan kedisiplinan pegawai di lingkungan kerja.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, Fesal Musaad, S.Pd, M.Pd memberikan tips praktis mengenai bagaimana cara meningkatkan disiplin kerja selama menjalani puasa dalam momentum bulan suci Ramadhan dengan pembagian antara waktu tidur dan bekerja.

Hal ini disampaikan Musaad saat memberikan Kuliah Tuju Menit (Kultum) usai menjalani shalat Dzuhur berjamaah di Musalah Al-Ikhlas Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Senin (6/5/2019).

Musaad mengungkapkan, dengan mencermati jadwal istirahat selama berada di bulan suci Ramadhan, setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) jadi cerdas mengatur waktu. “Saya beri contoh seperti ini misalnya, setelah berbuka puasa anda menjalani shalat Magrib dan Isya, setelah itu tadarus (membaca Al-Qur’an secara bergilir) di masjid, tepat jam 10 atau 11 upayakan untuk tidur. Kemudian jam 4 bangun sahur. Nah, waktu bangun sahur ini bisa digunakan untuk shalat Subuh, setelah itu jangan tidur lagi. Jam 6 atau setengah tujuh kamu berangkat ke kantor. Disitu disiplin kerja anda lebih meningkat jika mau dimanfaatkan,” papar Musaad.

Baca juga :   Gubernur Tetapkan Kuota Haji Tambahan Tahun 2019

Menurutnya, selama bulan Ramadhan setiap ASN muslim menjadi orang yang lebih disiplin dari hari-hari sebelumnya. “Bila di hari biasa jarang bangun pagi, sekarang anda bisa sangat rajin bangun pagi, tentunya untuk sahur,” terangnya.

Setelah sahur, pekerjaan tugas-tugas untuk urusan rumah bisa diefektifkan. Setelah matahari terbit, berangkat lagi ke kantor. “Kerja kita akan lebih produktif jika momentum bulan puasa ini bisa kita maksimalkan dalam meningkatkan etos dan disiplin kerja kita,” tandasnya.

Turut hadir mengikuti kultum perdana yang dibawa Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku ini, Kabag TU, Jamaludin Bugis, S.Ag, Kepala Bidang Bimas Islam, Rusdy Latuconsina, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, M. Yasir Rumadaul, Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) H. Yamin beserta sejumlah ASN Kanwil Kemenag Provinsi Maluku.

Oleh :ZAM

Editor :Redaksi

About admin

Check Also

Gubernur Hadiri Malam Nuzulul Qur’an Kemenag Maluku

AMBON,N25NEWS.COM – Gubernur Maluku Irjen Pol Purnawirawan Drs Murad Ismail berkenang menghadiri peringati malam Nuzul …