Breaking News

Lewat MBK Kakanwil Harap Cinta Baca Kitab Bahasa Arab

AMBON,N25NEWS.COM – Dengan dilkasanakan Musabaqah Baca Kita (MBK) tingkat provinsi Maluku 2019 yang diselenggarakan di Hotel Golden Palace, Ambon, Selasa (20/8), Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Maluku Fesal Musaad S.Pd, M.Pd berharap dapat mendorong dan meningkatkan kecintaan pada kitab rujukan berbahasa arab.

Bukan hanya itu, MBK yang dibuka Kakanwil yang diwakili Kabid Bimas Islam H. M. Rusydi Latuconsina, S.Ag juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam melakukan kajian dan ilmu keagamaan guna meningkatkan wawasan keilmuan bagi para penghulu.

Dalam arahan kakanwil dijelaskan, seiring dengan pesatnya media komunikasi teknologi digital yang banyak telah mempengaruhi gaya hidup dan tatanan sosial dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Maka penting agar Kementerian Agama menyusun program strategis diantaranya mengadakan lomba baca kitab bagi kepala Kantor Urusan Agama (KUA) atau penghulu se-Provinsi Maluku.

Menurut Kakanwil, kegiatan lomba musabaqah baca kitab dianggap suatu langkah yang strategis. Mengingat penghulu atau kepala KUA merupakan ujung tombak Kementerian Agama dalam membina dan melayani masyarakat dibidang keagamaan.

“Diharapkan kegiatan ini dapat mendorong dan meningkatkan kecintaan pada kitab rujukan berbahasa arab serta dapat meningkatkan kemampuan dalam melakukan kajian dan ilmu keagamaan guna meningkatkan wawasan keilmuan bagi para penghulu,” ujar Kakanwil.

Baca juga :   Masa Kepemimpinan Wakun Rahankoly Agama Yabun Masuk Di Negeri Walerang

Untuk itu, Kakanwil berpesan kepada para peserta kegiatan untuk sungguh-sungguh dan belajar dengan tekun karena setelah ini, bagi pemenang pembaca terbaik, akan mewakili Provinsi Maluku, mengikuti lomba yang sama di tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Jakarta pada bulan September.

“Ketiga, yang terbaik para peserta untuk mewakili Provinsi Maluku mengikuti masabaqah yang sama di tingkat nasional di Jakarta pada tanggal 10 September,” sambung Latif yang juga Kepala Seksi Penghulu dan Pemberdayaan KUA Bimas Islam Kemenag Maluku.

Untuk diketahui, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan masabaqah baca kitab sebanyak 10 peserta yang berasal dari para juara satu di delapan tingkat Kabupaten dan kota, minus Maluku Tenggara dan Kota Tual. Sementara para Yuri berasal dari Kanwil Kemenag Maluku dan para akademisi yang ahli di bidang masing-masing.

Sebelumnya Ketua Panitia Latif Wabula, S.Ag dalam laporannya menjelaskan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yakni satu, meningkatkan dan mendorong kecintaan penghulu, kepala KUA dalam membaca literatur berbahasa arab, mengkaji dan mengerti makna serta tujuannya. Dua, memotifasi peserta untuk tetap memperdalam wawasan keagamaan agar dapat menjadi panutan dan menjadi yang terbaik di masyarakat.

Editor : Tim

About admin

Check Also

Kemenag Maluku Gelar Bimtek Simponi

AMBON,N25NEWS.com –  Kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Maluku melalui Bidang Bimais Islam melaksanakan Bimtek …