Lewat Momentum Maulid Nabi Kemenag Wujudkn Pembangunan Center of Excellence Berdaya Saing

AMBON,N25NEWS.com -Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku Fesal Musaad menandaskan, momentum perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H 2019 harus dapat mewujudkan pembangunan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang center of excellence berdaya saing.

Menjadi center of excellence yang berdaya saing bagi Islam rahmatan lil alamin harus bisa menjadi pusat keunggulan bagi insan yang rahmatan lil alamin, sesuai apa misi Nabi besa Muhammad SAW yang menjadi pribadi yang lemah lembut dan berakhlak mulia dengan tidak menerbarkan radiklisme atas paham kebencian intoleransi. Demikian Musaad dalam arahan singkat di perayaan Maulid Nabi keluarga besar Kanwil Kemenag Maluku, Jumat(15/11).

Dibawa sorotan tema “Jadilah Insan Rahmatan Lil Alamin”, Musaad mengatakan, perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW jangan hanya dilihat dari serimonialnya, tapi bagimana kita ASN Kemenag harus bisa mengimplemenatasikan dalam kehidupan kita sehari, baik dilingkungan masyarakat atau ditempat kerja masing-masing, sehingga dapat menjadi insan yang cerdas dan berdaya saing demi kemajuan bangsa dan negara disektor keagamaan,

“Rasululah diutus kedunia bukan untuk menaklukkan dunia dan mengislamkan semua orang, tapi dalam Al Quran Rasulullah diutus untuk menjadi pembawa rahmat bagi sekalian alam, makanya mari kita kedepankan persaudaraan sesama muslim, bersaudara dengan sesama manusia, persaudaraan agar terwujud Indonesia yang aman dan damai, Maluku yang aman dan damai dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ia berharap agar center of excellence, dapat menjadi pusat keunggulan yang dapat membawa rahmat bagi semua orang termasuk ASN lingkup Kanwil Kemenag Maluku agar senantiasa dapat meneladani meneladani sifat terpuji Muhammad SAW. Bila itu merasuk dan bersenyawa dalam setiap jiwa umat manusia, maka tidak ada yang namanya radikalisme.

Baca juga :   Resmi Gereja Imanuel, Gubernur : Rumah Ibadah Simbol Kehadiran Tuhan

Sambil mengutip isi Al-Qur’an, surat an-Nisa ayat ke 128 yang menjelaskan tentang perdamaian itu lebih baik, mantan Kabid Pendidikan Islam ini juga meminta agar ASN Kanwil Kemenag dapat mengedepankan persaudaraan sesama manusia, sebangsa dan setanah air, agar terwujud masyarakat Indonesia khususnya Maluku yang damai dalam bingkai NKRI.

“Lewat momentun ini, jangan lagi ada di antara kita yang menaruh dendam dan iri hati kepada sesama, karena itu bukan ajaran yang dibawakan oleh Rasul Muhammad SAW,”pintanya.

Senada dengan pernyataan Musaad, Ketua MUI Maluku, Abdullah Latuapo dalam uraian hikmah Maulid Nabi juga menyampaikan keteladanan Rasulullah SAW disaat membangun masyarakat Madinah dalam bingkai keimanan dan kemanusiaan.

Dimana Ia menilai, kalau pesan-pesan yang disampaikan Kakanwil Kemenag sudah memperjelas potret kehidupan dan keteladanan Nabi di zaman itu.

“Ia adalah (Rasulululah ) Al’ Amin yang paling terpercaya dalam membawa ajaran rahamat bagi alam semesta,”ungkap Latuapo sambil mengutip surat Al-Anbiya Ayat 107 bahwa” Dan kami tidak mengutus engkau Muhammad, melainkan untuk menjadi rahmat bagi alam semesta. Maka barangsiapa beriman kepadamu, niscaya dia akan berbahagia dan selamat, dan barangsiapa tidak beriman, maka dia akan gagal dan merugi.

Latupono mencontohkan, perihal membangun masyarakat Madinah dapat diimplemenatasikan, dengan menjaga persaudaraan dan melindungi sesama anak bangsa Indonesia dari setiap tindakan radikalisme yang datang mengusik ketentraman hidup orang basudara di bumi penghasil rempah cengkeh dan pala ini.

Untuk kata Latuapo, kelahiran Rasulullah di muka bumi ini, merupakan karunia besar dari Allah kepada umat manusia yang patut disyukuri dan diteladani setiap budi pekerti luhurnya.

Reporter : Gali M

Editor : Redaksi

Check Also

Pulang Kampung, Pentury Bagikan Bantuan Tali Asih ke Dua Desa di SBB

SBB,N25NEWS.com – Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen Kementerian Agama (Kemenag) RI, Thomas Pentury …

×

N25NEWS.com