Home / Agama / Lewat Ponpes Darusalam Kamal Diharapkan Bapak,Ibu, Anak dan Menantu Jadi Santri

Lewat Ponpes Darusalam Kamal Diharapkan Bapak,Ibu, Anak dan Menantu Jadi Santri

KAMAL,N25NEWS.COM –   Berangkat dari keinginan agar satu keluarga utuh,  yakni Bapak ,Ibu dan Anak plus Menantu bisa menjadi santri  di Pondok Pesantren maka Yayasan Darusalam Kamal membangun Pondok Pesantren yang terletak d tepii Jalan Trans Seram.

Saat pengecoran lantai satu, gedung yang berada di  Pusat Pertokoan Kamal itu, pada Minggu,(21/10/2018)  dihadiri oleh sekitar  seratusan  warga Kamal,  yang siap melakukan pengecoran lantai.

Kegiatan dimulai dengan makan pagi yang telah disediakan ibu-ibu, setelah itu  pemberian arahan dari Ketua Panitia Pembangunan Ponpes Darusalam Kamal, Haji Hatikusno dan dilanjutkan dengan doa.

Ketua Panitia Pembangunan Ponpes Darusalam Kamal, Haji Hatikusno  saat diwawancarai menyatakan, Pembangunan Ponpes sebagai wadah tempat belajar anak dilakukan karena mengingat, saat ini tempat mengaji kecil, karena itu dibangun tempat mengaji yang agak besar dan suasananya mendukung sekali.

“Belum pernah ada disini yang Bapak,Ibu dan Anak plus Menatunya semuanya pesantren(ikut santri) karena itu, Masyarakat disini sangat antusias dan senyawa mendukung kegiatan ini” jabar Hatikusno

Ia berharap, lewat Pesantren ini anak-anak muda yang awalnya nongkrong, keluyuran kesana-kemari, bisa berkumpul dan mondok ikut hapalan Alquran sehingga ahlak Mereka makin membaik.

Dijelaskan untuk target rampungnya Ponpes ini, ketersediaan dana berperan penting, dimana ketika ada tersedia dana kegiatannya dapat berlanjut , tetapi ketika tidak ada dana maka  kegitan terhenti sementara dan istirahat.

Adapun total dana untuk pembangunan Ponpes tersebut adalah Rp 1,6 Milyar, untuk tahap awal ini baru tersedia Rp 200 Juta  yang didapat dari swadaya Masyarakat.

Selain itu, Pemkab SBB beserta staf-staf pemerintahannya juga telah menjanjikan akan memberikan sokongan bantuan bagi Pembangunan Ponpes Darusalam Kamal, tetapi belum terealisir.

“Kami harapkan, bantuan dapat terealisasi dalam waktu dekat ini, meskipun hanya 50 Persen dari yang dijanjikan, supaya pembangunan dapat terus berjalan, Bupati SBB menjanjikan tujuh tiang dengan nominal per tiang Rp. 3 juta,” ungkapnya.

Dari data yang berhasil dihimpun, bantuan yang di dapat dari masyarakat berasal dari tempat usaha,tokoh Masyarakat dan berbagai lapisan Masyarakat  yang berasal dari Desa Gemba, Waihatu, Kamal dan Piru yang keseluruhannya  dapat mencapai 30 persen dari anggaran awal.

Oleh : Nicko Kastanja

About admin

Check Also

Dirjen PHU Dijadwalkan Hadiri Tiga Agenda Pengembanagan Asrama Haji

AMBON,N25NEWS.COM – Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama RI, Prof Dr  Nizar Ali …