Lomba Mural Dinilai Efektif Ajak Masyarakat Cinta Lingkungan

AMBON,N25NEWS.com-Wakil Walikota (Wawali), Syarif Hadler saat membuka kegiatan lomba mengatakan, Mural merupakan salah satu cara yang dinilai cukup efektif untuk mengajak masyarakat terhadap kesehatan dan lingkungan khusunya masalah sampah.

“Pelaksaaan lomba mural dalam rangka memperingati HUT ke-445 Kota Ambon yang jatuh pada 7 September 2020 lalu, walaupun HUT Kota sudah lewat tetapi kita tetap dilaksanakan karena sudah masuk pada jadwal,”kata Wawali dalam sambutannya pada pembukaan Lomba Mural yang di pusatkan di Taman Makmur, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, kamis (17/9).

Dikatakannya lagi,lomba Mural ini adalah kegiatan yang terakhir dan kali ini fokuskan di pedesaan dengan temanya adalah Ambon Sehat.Selain itu,lomba ini nantinya memberikan inovasi,motivasi dan edukasi kepada masyarakat tentang lingkungan,kesehatan dan mengasihi dirinya,diman tema ini bertepatan dengan situasi pandemi COVID-19 yang melanda Kota Ambon.

“Semoga lomba mural berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang di harapan dan keinginan kita bersama aman, tertib, terutama bagi peserta lomba mural untuk tetap menjaga protokol kesehatan,”tegasnya.

Adapun,kata Hadler,peserta lomba Mural merupakan pembuat sejarah gagasan dalam menkanvaskan di dinding ini dalam bentuk Mural, maka sudah barang tentu kalian menjadi pahlawan-pahlawan kesehatan dan pahlawan pahlawan lingkungan di kota ini.

“Olehnya,lewat Mural, pesan-pesan atau ajakan kepada masyarakat untuk peduli lingkungan dalam hal ini sampah yang ingin disampaikan bisa diaplikasikan,” jelas Wakil Walikota Ambon.

Sementara itu,Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon,Ir.Lucia Izaak mengatakan,Mural merupakan seni menggambar atau melukis di atas media dinding atau tembok atau media luas lainnya yang bersifat permanen.Bahkan lukisan tersebut mengandung pesan moral,ajakan kepada yang menikmati.

Selain menyampaikan pesan positif atau ajakan kepada masyarakat, warna-warni mural juga memberikan daya tarik untuk menambah keindahan kota.Tak hanya kegiatan ini Dinspirasi oleh tema HUT Kota Ambon yaitu Ambon Sehat sebagai jawaban penyebaran COVID-19 yang terus meningkat.

“Kali ini peserta lomba Mural dengan 3 kategori yakni, kategori SMP dengan jumlah 10 peserta, kedua kategori SMA dengan jumlah 6 peserta dan kategori umum 37 peserta,dengan 4 aspek yang kita nilai yaitu,aspek kesesuaian, aspek kreativitas, aspek penguasaan media dan originalitas,”jelas Izaak.

Adapun, lomba Mural sengaja dipilih DLHP sebagai salah satu dari serangkaian kegiatan menyambut HUT Kota Ambon dan dengan tujuan untuk mengajak masyarakat, khususnya anak muda kaum milenial menyalurkan ide-ide kreatif dalam bentuk gambar sekaligus pesan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan.

“Untuk itu,kiranya lewat ajang ini bakat dan talenta kaum milenial di Ambon bisa tersalurkan dan dikembangkan secara baik dan positif, selain itu juga membantu pemerintah dalam menambah keindahan kota lewat warna-warni mural yang enak dipandang,” tandas Izaak.

Editor    : Aris Wuarbanaran

 

 

 

 

 

 

Check Also

BPC HIPMI Kota Ambon Siap Menggelar Diklacab

AMBON,N25NEWS.com -Badan pengurus cabang ( BPC) Himpunan pengusaha muda Indonesia ( HIPMI) Kota Ambon siap …